Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2024, 20:27 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber MensXP

 

KOMPAS.com - Tidak hanya perempuan, ternyata laki-laki juga perlu merawat rambut menggunakan minyak rambut. Sayangnya, masih banyak laki-laki yang mengabaikan fakta bahwa rambut berperan penting pada penampilan mereka. 

Meskipun tampil dengan outfit terbaik, namun rambut yang tidak terawat akan mengacaukan penampilanmu. Nah, salah satu cara merawatnya adalah memakai minyak rambut. 

Baca juga: 6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki agar Terlihat Basah dan Lemas

Berikut lima alasan laki-laki perlu pakai minyak rambut, seperti Kompas.com dilansir dari MensXP.

Ilustrasi minyak rambutFreepik Ilustrasi minyak rambut

1. Kondisioner alami 

Kondisioner sangat bermanfaat bagi rambut, karena dapat melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula. Nah, minyak rambut adalah kondisioner alami terbaik buat rambut.

Agar rambut lebih sehat, kamu bisa mengoleskan minyak rambut dari bahan minyak kelapa, lalu biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas rambut menggunakan sampo, lalu rasakan rambut yang lebih sehat.

2. Menenangkan 

Minyak rambut bisa menenangkan rambut dan kulit kepala. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak rambut dan pijat secara perlahan.

Perawatan ini dapat membantu penyerapan minyak berlebih di kulit kepala yang kerap mengakibatkan ketombe. 

Selain itu, pijatan lembut menggunakan minyak rambut dapat memperlancar sirkulasi darah yang pada gilirannya menenangkan kulit kepala. Selain itu, langkah tersebut bisa memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok.

Baca juga: Apakah Pomade Sama dengan Minyak Rambut?

3. Melawan infeksi jamur dan bakteri 

Tidak merawat rambut secara rutin, dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi rentan  terhadap infeksi bakteri dan jamur. 

Kondisi itu ditandai dengan munculnya ketombe atau kutu di rambut. Oleh sebab itu, mengoleskan minyak rambut secara teratur dapat membantu melawan infeksi dan bakteri, serta menjaga kulit kepala kepala tetap terhidrasi.

4. Memberikan kilau alami 

Rutin mengoleskan minyak rambut dapat menutrisi akar rambut secara mendalam. Langkah ini, dapat membuat rambut berkilau secara alami yang tentunya akan meningkatkan penampilan kamu. 

Tak hanya berkilau secara alami, kamu juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada rambut kusut dengan mengoleskan minyak rambut secara teratur. 

5. Mencegah ketombe

Penyebab utama munculnya ketombe adalah kulit kepala kering. Sebab, kulit kepala yang kering meregang dan pecah dapat menimbulkan serpihan yang membentuk ketombe. 

Selain menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala dan akar rambut, ketombe juga bisa mengakibatkan rambut patah dan rontok. 

Solusinya adalah dengan memijat rambut menggunakan minyak rambut. Perawatan ini, dapat membantu menjaga kulit kepala tetap ternutrisi sehingga bisa mencegah ketombe dan rambut rontok.

Baca juga: Melembutkan hingga Menyuburkan, Ada 5 Manfaat Pakai Minyak Rambut

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com