Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjalan Kaki vs Naik Tangga, Mana yang Lebih Efektif Bikin Langsing?

Kompas.com - 20/05/2024, 14:14 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang berusaha menurunkan berat badan dihadapkan dengan berbagai pilihan olahraga.

Dua olahraga harian yang paling sering disarankan adalah berjalan kaki dan naik tangga.

Kedua aktivitas ini tampaknya sederhana, tetapi mana yang sebenarnya lebih efektif untuk membantu kita mencapai tujuan berat badan ideal?

Apa naik tangga merupakan olahraga?

"Menaiki tangga adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan, memperkuat tubuh bagian bawah, mengencangkan bokong, paha, dan betis, menghilangkan beberapa inci dari perut, dan mengembangkan perut yang kuat," kata pelatih kebugaran Dr Mickey Mehta.

Naik tangga juga mudah dilakukan karena kita bisa menemukan tangga di berbagai tempat, entah di rumah, kantor, stasiun, dan lainnya. 

Baca juga: Cari Tahu Kesehatan Jantung dengan Naik Tangga, Pernah Coba?

Manfaat dari olahrga naik tangga

1. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu mencari cara yang mudah dan efektif untuk membakar kalori, menaiki tangga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Harvard Health Publishing Journal mengatakan bahwa dibandingkan dengan berjalan di permukaan yang rata, kita dapat membakar kalori tiga kali lebih cepat dengan menaiki anak tangga.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Menaiki tangga memiliki manfaat utama untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kapasitas kinerja jantung. Menaiki tangga selama 30 menit setiap minggu tidak hanya baik untuk kesehatan kardiovaskular tetapi juga meningkatkan umur panjang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise Journal.

3. Meningkatkan kekuatan kaki dan mengencangkan otot

Menaiki tangga melibatkan hampir semua otot utama dalam tubuh. Tubuh bagian bawah akan menjadi kencang sebagai hasil dari penguatan otot paha depan, bokong, paha belakang, dan betis selama latihan ini.

Menaiki tangga secara teratur akan memperkuat kaki, meningkatkan kemampuan untuk berlari, mengangkat beban berat, dan melakukan olahraga berintensitas tinggi seperti bersepeda dan mendayung, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Medicine and Science.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Jika kamu berlatih menaiki tangga setiap hari, otot-otot rangka akan menjadi lebih sehat dan persendian menjadi lebih kuat. Menaiki tangga meningkatkan metabolisme tulang (proses pembentukan tulang dan resorpsi tulang) dengan meregangkan sendi dan otot-otot besar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BioMed Research International Journal mengklaim bahwa salah satu latihan terbaik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan tulang adalah menaiki tangga.

Apa ada efek samping dari naik tangga?

Jika kamu memiliki riwayat masalah jantung, naik tangga mungkin bukan pilihan terbaik. Ini mencakup kondisi seperti tekanan darah tinggi, detak jantung yang cepat (aritmia), atau nyeri dada. Menaiki tangga dapat meningkatkan detak jantung dan membebani sistem kardiovaskular.

Baca juga: 9 Alasan Sehat Pilih Naik Tangga Ketimbang Lift

Ilustrasi orang sedang berjalan kakiFreepik.com Ilustrasi orang sedang berjalan kaki

Apa jalan kaki efektif untuk menurunkan berat badan?

Jalan kaki adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini menawarkan banyak manfaat kesehatan dan tidak memerlukan pelatihan khusus atau peralatan yang mahal. Jalan kaki adalah aktivitas fisik kardiovaskular yang meningkatkan detak jantung.

Hal ini dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah, yang kemudian meningkatkan tingkat energi dengan melepaskan hormon seperti endorfin dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Harvard Nutrition Journal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com