Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2024, 17:17 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.comAroma parfum tidak hanya dipilih berdasarkan kesukaan atau selera pribadi saja, namun sebaiknya juga memerhatikan waktu dan suasana.

Pada umumnya beberapa parfum lebih cocok digunakan di siang hari yang cerah atau panas, dibanding saat malam hari atau di cuaca dingin.

Siang hari biasanya banyak kegiatan dan aktivitas yang dilakukan, ditambah cuaca panas yang bisa mempengaruhi wangi parfum yang kita pakai.

Dalam situasi seperti itu, kita disarankan memilih aroma parfum yang ringan dan ceria untuk menambah kesan positif dengan aroma yang bisa memancar secara maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Aroma Parfum yang Cocok untuk Siang Hari

Lalu sebaiknya pilih aroma apa yang cocok untuk di siang hari?

Sebelum memilih aroma wewangian yang akan dipakai tak ada salahnya untuk mengetahui top notes, middle note, dan base note dalam parfum.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi Euodia Home dan membuat aroma parfum sendiri pada Jumat (17/05/2024). Jihan, karyawan Euodia Home mengatakan bahwa parfum memiliki 3 note yang harus diketahui.

Top notes adalah aroma yang kita cium pertama kali saat menyemprotkan parfum, biasanya tidak bertahan lama, hanya beberapa menit,” ujarnya.

Jihan menambahkan top notes untuk siang hari sebaiknya memiliki ciri wangi yang fresh dan segar.

Setelah top notes menguap, aroma middle note akan muncul dan menjadi aroma yang dominan biasanya bisa bertahan beberapa jam. Aroma middle notes umumnya terdiri dari wangi bunga (floral) dan buah-buahan (fruity).

Terakhir adalah aroma yang paling bertahan lama yaitu base note. Biasanya base note akan tercium setelah 30 menit dari parfum disemprotkan. Aroma yang digunakan seperti vanila, kayu-kayuan, dan musk.

Baca juga: Apa Itu Top Notes, Middle Notes dan Base Notes dalam Sebotol Parfum

Jihan juga mempunyai beberapa rekomendasi aroma wangi yang cocok untuk di siang hari. Beberapa aroma yang cocok untuk dipakai di siang hari yang hangat adalah aroma yang sifatnya lebih segar, seperti citrus (aroma jeruk),  dan floral.

“Kalau siang hari lebih baik pakai wangi yang fresh, bisa coba berries, geranium dan hinoki,” katanya.

Biasanya para perempuan menyukai wangi vanila namun terkadang wangi ini terlalu menyengat jika dipakai di siang hari. Untuk itu, Jihan menyarankan untuk mengombinasi wangi vanila dengan aroma yang lebih fresh seperti, jasmine dan white tea.

“Aroma wangi itu kan selera kalau mau yang ada vanila dan dipakai di siang hari coba dicampur jasmine dan white tea,” ujarnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com