Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanda Pribadi yang Menyenangkan untuk Dijadikan Teman

Kompas.com - 21/05/2024, 11:11 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Menjadi pribadi yang menyenangkan bukanlah hal yang sulit jika kamu memiliki kualitas tertentu yang membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitarmu.

Berikut ini delapan tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang menyenangkan untuk dijadikan teman.

Tanda pribadi yang menyenangkan untuk jadi teman

1. Empatik

Memiliki empati berarti mampu merasakan dan memahami perasaan orang lain. Ketika seseorang berbicara tentang masalah atau kebahagiaannya, kita mendengarkan dengan penuh perhatian dan menunjukkan bahwa kita peduli. Empati membuat orang merasa dihargai dan didukung.

Menurut psikologi, empati membantu kita menjalin hubungan dengan orang lain, mengatur emosi sendiri, dan mendorong perilaku yang bermanfaat, tidak hanya kamu terhadap orang lain, tetapi juga orang lain terhadapmu.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjadi Teman yang Lebih Baik

2. Disukai hewan

Jika hewan peliharaan atau binatang liar mendekati kamu tanpa rasa takut, ini adalah tanda bahwa kamu memiliki energi positif. Hewan sering kali dapat merasakan niat baik seseorang, dan ketika mereka nyaman berada di sekitarmu, ini menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang hangat dan ramah.

Peneliti Kun Guo dari Fakultas Psikologi Universitas Lincoln melaporkan bahwa dalam penelitian mereka, anjing menunjukkan jenis kemampuan kognitif yang hanya terlihat sebelumnya pada primata dan manusia.

Rekan penulis makalah tersebut, Prof. Daniel Mills dari School of Life Sciences University of Lincoln menambahkan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa anjing benar-benar mengenali emosi pada manusia dan anjing lainnya.

3. Rendah hati

Sikap down-to-earth atau rendah hati membuat kita lebih mudah diterima oleh orang lain. Kamu tidak merasa perlu untuk membanggakan diri atau menganggap diri lebih baik daripada orang lain.

Keterbukaan dan kesederhanaan ini membuat orang merasa nyaman dan tidak terintimidasi saat berinteraksi denganmu.

4. Menaruh minat yang tulus pada orang lain

Ketika kamu benar-benar tertarik dengan apa yang orang lain katakan dan menunjukkan minat yang tulus, mereka akan merasa dihargai.

Mengajukan pertanyaan dan mendengarkan dengan penuh perhatian adalah tanda bahwa kamu peduli dengan mereka sebagai individu, bukan sekadar basa-basi.

Baca juga: 5 Tipe Teman yang Perlu Kamu Jauhi

5. Menunjukkan rasa hormat untuk semua orang

Menghormati orang lain tanpa memandang latar belakang, status, atau pendapat mereka adalah kualitas yang sangat dihargai.

Dengan bersikap sopan dan menghargai perbedaan, kita menciptakan lingkungan yang positif dan inklusif di sekitar kita.

6. Berpikiran terbuka

Keterbukaan pikiran memungkinkan kita untuk menerima dan mempertimbangkan perspektif yang berbeda. Kamu tidak cepat menghakimi dan bersedia mendengar sudut pandang lain.
Sikap ini membuat orang merasa aman untuk berbagi pemikiran dan ide mereka denganmu.

7. Memiliki selera humor

Selera humor yang baik dapat mencairkan suasana dan membuat interaksi menjadi lebih menyenangkan. Dengan mampu menertawakan diri sendiri dan situasi, kamu membantu orang lain merasa lebih rileks dan terhibur saat berada di dekatmu.

8. Mampu mengatur emosi

Kemampuan untuk mengatur emosi dan tetap tenang di berbagai situasi menunjukkan kedewasaan dan keseimbangan diri. Orang merasa lebih nyaman di sekitarmu karena mereka tahu bahwa kamu dapat menangani stres atau konflik dengan tenang dan bijaksana.

Baca juga: 10 Tipe Teman yang Harus Kita Miliki dan Pertahankan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com