Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Harian Orang yang Tetap Fit Tanpa Berusaha Keras

Kompas.com - 28/05/2024, 15:15 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang mendambakan tubuh yang bugar dan sehat, namun seringkali menganggap bahwa mencapai hal tersebut memerlukan usaha yang besar.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa orang yang tetap bugar tanpa perlu berusaha terlalu keras? Kunci mereka ada pada kebiasaan harian yang sederhana namun efektif.

Berikut ini kebiasaan harian yang bisa kamu tiru untuk tetap bugar tanpa merasa terbebani.

Baca juga: 4 Rahasia Bugar dan Awet Muda Saat Usia Terus Bertambah

Kebiasaan harian agar tetap bugar

1. Minum air yang cukup

Mungkin terdengar klise, tetapi menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu kunci utama kebugaran. Air membantu proses metabolisme, menjaga fungsi organ, dan membantu detoksifikasi.

Mulailah hari kamu dengan segelas air putih dan usahakan untuk terus minum sepanjang hari. Hindari minuman manis dan pilih air mineral atau infused water sebagai variasi.

2. Berjalan kaki sebagai pilihan utama

Alih-alih selalu mengandalkan kendaraan, cobalah lebih sering berjalan kaki. Berjalan kaki bukan hanya baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi juga membantu menjaga berat badan ideal.

Cobalah untuk berjalan kaki saat menuju tempat-tempat yang dekat, menggunakan tangga daripada lift, atau mengatur waktu khusus untuk berjalan-jalan santai di sekitar lingkungan kamu.

Baca juga: Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Berapa Langkah yang Diperlukan untuk Bugar?

3. Tidur yang berkualitas

Tidur adalah waktu tubuh untuk memulihkan diri. Orang-orang yang tetap bugar tanpa usaha ekstra biasanya sangat menghargai waktu tidur mereka. Mereka memastikan untuk mendapatkan 7-8 jam tidur berkualitas setiap malam.

Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, hindari layar gadget sebelum tidur, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang.

4. Makan dengan sadar

Makan bukan hanya soal mengisi perut, tetapi juga tentang memberi nutrisi yang tepat untuk tubuh. Orang yang bugar biasanya makan dengan sadar, memperhatikan apa yang mereka konsumsi dan bagaimana cara makannya.

Mereka memilih makanan segar dan bergizi, menghindari makanan olahan, dan makan dalam porsi yang cukup. Mengunyah makanan perlahan dan menikmati setiap suap juga membantu pencernaan dan mencegah makan berlebihan.

Baca juga: Mindful Eating, Manfaat dan Bagaimana Melakukannya

5. Bergerak lebih sering

Bukan berarti harus berolahraga berat setiap hari, tetapi melakukan gerakan teratur sangat penting. Orang yang tetap bugar cenderung aktif sepanjang hari.

Mereka mungkin melakukan peregangan ringan di antara waktu bekerja, mengikuti kelas yoga, atau sekadar aktif berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari.

Yang penting adalah tidak duduk diam terlalu lama dan selalu mencari kesempatan untuk bergerak.

6. Bicara positif pada diri sendiri

Orang-orang yang tetap bugar biasanya adalah mereka yang menerapkan self-talk positif. Mereka menghindari mengkritik diri sendiri dan lebih memilih memberikan semangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com