Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kebiasaan yang Membuat Lebih Bahagia di Usia 70-an dan Seterusnya

Kompas.com - 29/05/2024, 09:19 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber geediting

KOMPAS.com - Siapa bilang kebahagiaan harus berkurang seiring bertambahnya usia?

Justru, pada usia 70-an dan seterusnya, kita memiliki kesempatan untuk menemukan kebahagiaan yang mendalam dengan mengadopsi beberapa kebiasaan yang sederhana namun kuat.

Tips hidup bahagia di usia senja

Yuk, simak sembilan kebiasaan yang dapat membuat hidup Anda lebih bahagia di usia emas ini.

1. Menerima perubahan

Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam hidup. Saat memasuki usia 70-an, mungkin terasa sulit untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, baik dalam fisik maupun lingkungan sekitar.

Namun, dengan menerima perubahan, kita membuka diri terhadap peluang baru dan pengalaman yang menarik. Cobalah untuk melihat perubahan sebagai bagian dari petualangan hidup yang tak terduga dan nikmati setiap langkahnya.

Baca juga: Kiat Umur Panjang Perempuan 106 Tahun, Kuncinya Hidup Bahagia

2. Prioritaskan kesehatan fisik

Kesehatan fisik adalah kunci utama untuk menikmati masa tua dengan penuh vitalitas dan kebahagiaan. Luangkan waktu untuk menjaga tubuh Anda dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga berat badan yang sehat.

Meskipun tidak perlu untuk menjadi atlet profesional, tetapi melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau berkebun dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan Anda.

3. Biasakan berpikir positif

Pikiran positif memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membentuk kualitas hidup kita. Saat menghadapi tantangan atau kesulitan, cobalah untuk melihat sisi baiknya dan bersyukur atas apa yang Anda miliki.

Latih diri Anda untuk menggantikan pikiran negatif dengan pikiran yang optimis dan penuh harapan. Dengan begitu, Anda akan mampu menghadapi segala sesuatu dengan sikap yang lebih baik dan mendapatkan kebahagiaan yang lebih dalam.

4. Tetap terhubung secara sosial

Meskipun mungkin terasa lebih sulit untuk menjaga hubungan sosial di usia lanjut, namun tetap bergaul dengan orang lain adalah kunci untuk hidup yang bahagia dan bermakna.

Temui teman-teman lama, bergabung dengan klub atau komunitas yang sesuai dengan minat Anda, atau jalin hubungan dengan anggota keluarga.

Interaksi sosial tidak hanya meningkatkan kesejahteraan emosional Anda, tetapi juga memberikan dukungan yang penting dalam menghadapi berbagai tantangan.

Baca juga: 5 Tips untuk Menggapai Hidup Bahagia

5. Terus belajar

Proses belajar tidak pernah berhenti, bahkan di usia lanjut sekalipun. Selalu cari kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda, baik melalui membaca buku, mengikuti kursus, atau bahkan mencoba hal-hal baru.

Dengan tetap belajar, Anda tidak hanya menjaga pikiran tetap tajam, tetapi juga membuka pintu untuk pengalaman baru yang mengasyikkan.

6. Berlatih bersyukur

Berterima kasih atas setiap momen kecil dalam hidup adalah kunci pertama untuk membuka pintu menuju kebahagiaan yang abadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com