Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2024, 08:18 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga perut tetap rata adalah impian banyak orang.

Salah satu cara yang efektif dan lezat untuk mencapainya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Berikut ini tujuh buah yang dapat membantu kita mengecilkan perut.

1. Apel

ilustrasi buah apeliStockphoto/ASMR ilustrasi buah apel
Apel adalah buah yang sangat berguna dalam proses penurunan berat badan. Kaya akan serat dan rendah kalori, apel membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Pektin dalam apel juga membantu mengurangi lemak di tubuh. Tambahkan apel ke dalam diet harian sebagai camilan sehat atau campuran salad.

Baca juga: 6 Buah yang Baik Dimakan Saat Perut Kosong

2. Berries

Buah beri adalah salah satu buah yang bagus untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini tidak hanya memberikan gula alami, tetapi sumber serat, vitamin, dan mineral bermanfaat.pixabay.com/PublicDomainPictures Buah beri adalah salah satu buah yang bagus untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini tidak hanya memberikan gula alami, tetapi sumber serat, vitamin, dan mineral bermanfaat.
Berbagai jenis berries seperti stroberi, blueberry, dan raspberry memiliki kandungan antioksidan tinggi dan rendah kalori. Serat dalam berries dapat meningkatkan metabolisme dan membantu pencernaan.

Kita bisa mengonsumsi berries sebagai tambahan yogurt, oatmeal, atau langsung sebagai camilan.

3. Pisang

Buah pisang adalah sumber karbohidrat sehat dengan mengandung beberapa vitamin dan mineral. Manfaatnya, meliputi untuk menjaga kesehatan jantung.FREEPIK/KAMRANAYDINOV Buah pisang adalah sumber karbohidrat sehat dengan mengandung beberapa vitamin dan mineral. Manfaatnya, meliputi untuk menjaga kesehatan jantung.
Pisang kaya akan potasium yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi kembung. Kandungan serat dalam pisang juga baik untuk pencernaan.

Makanlah pisang sebagai sarapan atau camilan sebelum berolahraga untuk mendapatkan energi tambahan.

4. Nanas

Ilustrasi nanasMedical news today Ilustrasi nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang membantu memecah protein dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan air yang tinggi, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jadikan nanas sebagai hidangan penutup yang segar dan menyehatkan.

Baca juga: 7 Buah yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari untuk Turunkan Berat Badan

5. Semangka

Ilustrasi kenapa kepala pusing setelah makan semangka?Shutterstock/Pineapple Studio Ilustrasi kenapa kepala pusing setelah makan semangka?
Semangka adalah buah yang kaya akan air, membantu menghidrasi tubuh dan membuat perut terasa kenyang tanpa menambah banyak kalori.

Semangka juga mengandung antioksidan likopen yang baik untuk kesehatan. Nikmati semangka sebagai camilan siang hari atau tambahan dalam salad buah.

6. Kiwi

ilustrasi manfaat buah kiwi bagi kesehatan.iStockphoto/Liudmyla Chuhunova ilustrasi manfaat buah kiwi bagi kesehatan.
Kiwi penuh dengan vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan. Buah kecil ini juga mengandung enzim actinidin yang membantu mempercepat proses pencernaan protein. Konsumsi kiwi secara langsung atau tambahkan ke dalam smoothie untuk manfaat maksimal.

7. Alpukat

Makanan sumber kalori sehat.Shutterstock/Pixel-Shot Makanan sumber kalori sehat.
Alpukat, meskipun tinggi lemak, mengandung lemak sehat yang dapat membantu mengurangi lemak perut. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. 

Kamu bisa menambahkan alpukat ke dalam salad atau membuat guacamole sebagai pendamping makanan sehat.

Baca juga: 7 Buah Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com