Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Orang Asing Saling Jatuh Cinta Setelah Transplantasi Hati

Kompas.com - 07/01/2016, 17:11 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber ABCNews

KOMPAS.com - Heather Krueger dan Chris Dempsey saling jatuh cinta di ruang praktik dokter. Pasangan ini jatuh cinta ketika Krueger mau tidak mau harus menjalani transplantasi hati.

Ia didiagnosa menderita penyakit lever stadium 4 pada Maret 2014. Segera sesudahnya, kondisi penyakit semakin buruk. Dokter menyarankan, agar ia mulai mencari orang yang mau memberinya transplantasi hati.

"Saya diberi tahu kurang dari 50 persen kemungkinan hidup lebih dari dua bulan. Traumatis sekali," katanya.

Kemudian ada seorang mantan marinir, Dempsey yang sekarang bekerja di Village of Frankfort di Illinois. Ia mencuri dengar dari rekan kerjanya yang ternyata sepupu Krueger tentang dilema medis yang diderita perempuan itu.

Dempsey tidak ragu untuk terlibat menolong. "Ketika mendengar soal itu, saya berpikir saya pun ingin seseorang menolong diri saya," ujarnya.

Ia mulai menjalani beberapa tes untuk mengetahui apakah hati miliknya cocok untuk Krueger tanpa harus bertemu. "Ia menelpon dan mengatakan hasilnya baik. Cocok. Dia menjadi donor saya. Saya nyaris tak percaya," kata Krueger.

Keduanya kemudian menjalani operasi pada Maret yang berlangsung delapan jam. Dokter memindahkan 55 persen hati Dempsey ke Krueger. Proses pemulihan terjadi dua bulan bagi keduanya. Selama proses itu keduanya menyadari saling jatuh cinta.

"Jika bukan karena orang itu, saya mungkin tak bertahan hidup sampai natal," kata Krueger. "Ia orang yang berani dan tak egois. Sangat sehat dan tidak kenal saya sebelumnya," imbuhnya.

Beberapa bulan setelah operasi yang menyelamatkan nyawa itu, keduanya meninggalkan cerita medis itu di belakang dan berfokus pada masa depan. Masa itu adalah saat sulit. Tetapi ketika Dempsey diminta melakukannya lagi, ia mengatakan sanggup.

Bulan lalu Dempsey membuat keputusan lain yang mengubah hidup, melamar Krueger ketika naik kereta kuda romantis di Chicago. Ketika ditanya mengenai keberuntungan gandanya, Krueger mengatakan, "Anda tak pernah tahu apa yang bakal mengubah hidup seseorang. Saya tak pernah memikirkan ini setahun yang lalu," katanya.

Pasangan berbahagia itu berencana menikah di Oktober dan berharap melibatkan dokter dan petugas medis dalam pernikahan mereka. Sepupu Krueger yang "mencomblangi" pasangan itu akan bertindak menjadi groomsman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com