Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2016, 08:09 WIB
Reza Pahlevi

Penulis


KOMPAS.com - Berdasarkan data dari USDA Nutrient Database, 100 gram nasi merah mengandung 112 kalori. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan dengan 100 gram nasi putih yang mengandung 127 kalori. Wajar jika beras merah disarankan sebagai pilihan menu untuk diet rendah kalori.

Meskipun nilai kalorinya lebih kecil, kandungan nutrisi pada beras merah justru lebih tinggi, mulai dari serat hingga vitamin dan mineralnya. Beras merah diketahui kaya akan mineral mangan, selenium, fosfor, magnesium, dan vitamin B. Semuanya berperan dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Jenis beras ini juga memiliki indeks glikemik rendah karena kandungan seratnya tinggi. Indeks glikemik sendiri menggambarkan kecepatan suatu makanan meningkatkan kadar gula darah setelah konsumsi.

Kandungan serat ini didapatkan pada sisa kulit ari dari proses penggilingan yang tidak sepenuhnya. Serat pada beras merah pun berperan penting dalam memperlambat proses pencernaan dan masuknya glukosa ke dalam darah.

Karena itulah, lonjakan gula darah setelah konsumsi nasi merah tidak setinggi lonjakan setelah mengonsumsi nasi putih. Hal ini penting bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin menjaga kadar gula darah guna menekan risiko diabetes.

Makanan tinggi serat juga lebih lama dicerna di dalam sistem pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Efeknya, nafsu makan Anda lebih terkontrol. Tidak hanya itu, konsumsi makanan berserat juga membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Tidak lebih populer dibanding nasi putih, bukan berarti beras merah sulit didapatkan. Sekarang sudah ada Tropicana Slim Beras Merah, yang dijual umum. Ditanamnya pun secara organik sehingga bebas dari pemakaian bahan kimia.

Selain itu, Tropicana Slim Beras Merah juga lebih pulen dibandingkan beras merah pada umumnya. Yang pasti, Anda dapat memperoleh nutrisi lebih yang aman dikonsumsi sekeluarga. Hidup sehat, bisa tetap menyenangkan! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com