Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2017, 21:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Protein adalah nutrisi yang sangat vital bagi tubuh. Protein berguna untuk membangun sel dan jaringan otot tubuh.

Untungnya, ada banyak makanan sumber protein sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuan kita terhadap protein.

Meski demikian, tidak semua orang memahami aturan mengonsumsi protein dengan benar. Akibatnya, sering terjadi kesalahan yang mengakibatkan tidak optimalnya tujuan mengasup protein itu sendiri.

Inilah empat kesalahan yang paling sering terjadi dalam upaya memenuhi jumlah asupan protein,menurut ahli nutrisi Rania Batayneh, M.P.H., pemilik firma konsultasi nutrisi, Essential Nutrition For You.

1. Mengasup protein dari sumber yang sama setiap hari

Salah satu tujuan mengonsumsi protein adalah agar kita mendapatkan sembilan jenis asam amino esensial yang banyak ada di makanan sumber protein. Setiap sumber protein memiliki jenis asam amino, vitamin, mineral yang berbeda-beda.

Jika Anda hanya tergantung pada satu, dua, atau tiga sumber saja maka diragukan Anda bisa memenuhi kebutuhan akan sembilan jenis asam amino esensial.

Variasikan sumber protein Anda dengan mengonsumsi ikan, daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan seperti kedelai, dan sesekali bisa mengonsumsi yogurt.

2. Tidak tahu jumlah yang dibutuhkan

Kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda tergantung pada berat badan dan aktivitasnya. Menghitung berapa kebutuhan protein harian Anda, tidaklah sulit.

Berat badan (dalam kilogram) dikalikan 0,8 jika gaya hidup Anda kurang aktif, dikalikan 1,3 jika Anda seorang yang aktif atau sedang hamil dan dikalikan 1,8 jika Anda termasuk orang yang sangat aktif.

Sangat aktif di sini contohnya adalah Anda rutin berolahraga setiap hari selama minimal satu jam dengan intensitas sedang - berat.

3. Mengandalkan protein shake dan protein bar

Ya, keduanya memang enak dan sangat praktis. Tapi, protein shake dan protein bar, terutama yang Anda beli di luar, seringkali terlalu banyak mengandung gula. Selain itu, mereka tidak memiliki protein dalam bentuk utuh dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan harian Anda.

"Beberapa hampir tidak lebih baik daripada candy bar (sejenis permen)," kata Batayneh. Tetap jatuhkan pilihan Anda pada makanan yang utuh dan nyata.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com