Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahasa Tubuh yang Bisa Hambat Karier Generasi Milenial

Kompas.com - 11/04/2017, 06:12 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber INC

KOMPAS.com – Generasi milenial merupakan kelompok usia yang sedang produktif di dunia kerja sekarang. Budaya internet, ponsel pintar, dan laptop telah menjadi gaya hidup generasi ini.

Pintar dan tanggap dalam hal teknologi tidak membuat milenial memahami aturan bersikap dalam industri kerja.

Peter Economy, seorang pemerhati ekonomi dan penulis sejumlah buku karier serta manajemen, salah satunya adalahManaging for Dummies, menguraikan tiga bahasa tubuh yang bisa menghambat karier milenial karena membuat mereka tidak profesional:

Menghindari kontak mata
Melihat ponsel, layar laptop, atau mengarahkan pandangan pada sekitar ketika sedang berbicara dengan klien merupakan gestur yang tidak bisa diterima dalam dunia kerja.

Kebanyakan generasi millenial cenderung kurang mampu dalam menyimak dan memerhatikan suatu obyek dalam waktu lama. Kebanyakan kelompok karyawan fresh graduate sekarang ini mudah terdistraksi dan cepat berpaling dalam menyelesaikan sebuah konflik kerja.

Bicara terlalu cepat
Atur gaya bicara Anda dengan memilih kata-kata penting yang bisa meningkatkan citra diri Anda di depan atasan dan rekan kerja. Jangan terburu-buru seperti ingin meluapkan semua informasi atau detil pekerjaan Anda.

Generasi millenial harus memahami bahwa manfaat dari berbicara teratur dan terarah mengeskpresikan seseorang yang punya daya pikir luas, dalam, dan terstruktur.

Duduk bersandar
Mungkin Anda lelah karena lalu lintas macet, lembur, dan tenggat waktu pekerjaan yang serba terburu-buru, tetapi pastikan jangan pernah duduk bersandar ketika sedang berbicara dengan klien, rekan kerja, dan atasan.

Sikap yang demikian memperlihatkan sifat pemalas. Selain itu, bersandar juga mengindikasikan seseorang yang tidak menguasai persoalan, tidak profesional, dan lebih memilih tidak mau menyelesaikan masalah atau pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber INC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com