Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2017, 18:19 WIB
Wisnubrata

Penulis

Anda mungkin pernah memutar lagu romantis sebelum mengajak pasangan Anda bermesraan, dengan alasan bercinta dalam suasana hening bukanlah hal yang mengasyikkan. Tapi tahukah Anda bahwa musik memainkan peran yang lebih besar daripada sekedar menghilangkan kesunyian?

Musik ternyata dapat meningkatkan kualitas seks Anda, mempengaruhi senyawa-senyawa kimia otak Anda secara positif, dan membantu Anda mendapatkan gairah untuk bercinta.

Berikut kekuatan musik dalam mempengaruhi gairah seks Anda:

Mendengarkan Musik Meningkatkan Kemungkinan Bercinta

Menyetel lagu saat bersama pasangan seringkali dijadikan tanda atau ajakan untuk mencapai suasana yang lebih intim. Ini bukan sekedar jurus rayuan standar, namun ada alasan nyata di baliknya. Menurut penelitian, orang yang mendengarkan musik secara langsung (tanpa menggunakan headphone) memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk melakukan sesuatu bersama.

Survey yang dilakukan neuroscientist Daniel J. Leviti terhadap sekitar 30.000 orang mendapati bahwa orang-orang yang di rumahnya selalu terdengar musik, ternyata lebih sering bercinta dibanding yang tidak.

Penelitian ini juga menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik di rumah menghabiskan rata-rata 3 jam dan 13 menit lebih banyak waktu bersama-sama daripada mereka yang tidak. Kebersamaan itulah yang meningkatkan keintiman.

Musik Bisa Mempengaruhi Siapa Pasangan yang Akan Anda Pilih

Pernahkan Anda merasa lebih bergairah dengan pasangan saat mendengar jenis musik tertentu? Atau pernahkah Anda merasa seseorang lebih menarik saat mendengar jenis musik yang cocok dengan kepribadiannya?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Media Psychology, musik pop tertentu dapat mempengaruhi minat Anda terhadap lawan jenis. Studi ini menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik yang berisi deskripsi mengenai kecantikan seorang wanita, misalnya tentang wanita berambut panjang,  akan cenderung lebih bergairah saat bertemu lawan jenis yang sesuai gambaran itu.  

Sekarang pilihan musik kita memang beragam. Mereka yang mendengarkan lirik tentang kebebasan atau revolusi, cenderung memiliki keinginan untuk berontak, sementara yang mendengarkan lirik soal kesedihan cenderung terbawa menjadi sedih. Nah, bila yang didengar adalah soal cinta, kemesraan, dan gairah, Anda tentu tahu ke mana ujungnya kan?

Musik Membuat Anda Merasa Nyaman

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nature Neuroscience, musik memiliki efek mempengaruhi kesenangan pada otak serupa dengan perasaan nyaman seperti saat kita melakukan hubungan seksual.

yacobchuk Mendengarkan musik membuat kita lebih bergairah
Para peneliti mempelajari gambaran dari otak seseorang yang sedang mendengarkan musik. Mereka menemukan bahwa wilayah yang sama di otak "menyala" saat orang itu mendengarkan musik favorit, maupun saat dia mengalami kenikmatan seksual. Hasil penelitian menunjukkan, ketika kita “melayang” karena dua aktivitas itu, otak kita dibanjiri dopamin, senyawa kimiawi yang memunculkan kesenangan.

Musik Membuat Kita Lebih Mudah Melakukan Pendekatan

Anda tentu pernah merasa lebih keren atau percaya diri saat mendengarkan musik favorit. Anda seolah bisa melakukan apa saja dan lebih terbuka pada siapa saja, termasuk terhadap lawan jenis yang Anda taksir.

Menurut sebuah penelitian di Prancis, mendengarkan musik positif membuat seseorang lebih mudah mendekati calon pasangan. Para peneliti membagi subyek menjadi dua kelompok. Satu mendengarkan musik romantis, dan kelompok lain mendengarkan suara netral.

Hasilnya, mereka yang mendengarkan lagu-lagu romantis lebih mudah menerima ajakan berkenalan daripada mereka yang tidak.

Jadi jika Anda tertarik untuk mendekati seseorang, janganlah mendengarkan suara gemericik air atau desau angin di hutan, namun pasanglah lagu favorit Anda dan mulailah beraksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com