Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cyrotherapy Langganan Selebriti Hollywood Hadir di Indonesia

Kompas.com - 05/05/2017, 16:35 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Cryotherapy merupakan perawatan tubuh menggunakan suhu esktra dingin, bisa ratusan derajat di bawah nol. Perawatan yang sudah dirasakan manfaatnya oleh para atlet dunia hingga selebriti Hollywood ini kini hadir di Indonesia.

Selebriti seperti Demi Moore, Jessica Alba, dan Daniel Craig memasukkan Cryotherapy sebagai salah satu rutinitas mereka dalam menjaga kecantikan dan kesehatan. Selain itu, atlet profesional mulai dari Christiano Ronaldo hingga Floyd Mayweather juga menggunakan Cryotherapy untuk mempercepat pemulihan otot pasca-bertanding.

"Cryotherapy merupakan teknik perawatan non-invasif yang telah terbukti secara klinis bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, dan menunjang performa atlet," kata Cryotherapy Specialist dari Inggris, Patrick Cuthbert dalam kunjungan media di Polaris Centre Jakarta.

Perawatan ini, kata Cuthbert, dilakukan dengan menggunakan alat khusus untuk memaparkan terhadap gas nitrogen dingin hingga di bawah nol derajat untuk memicu respon natural dari tubuh.

Manfaat dari perawatan ini meliputi peningkatan produksi kolagen, penurunan berat badan, meningkatkan level energi dan metabolisme tubuh, menguatkan sistem imun, memperbaiki sirkulasi darah, serta mengurangi peradangan.

Perawatan kecantikan dan kesehatan selebriti Hollywood yang pertama kali hadir dan terpusat di Hongkong ini menawarkan tiga perawatan utama yaitu whole body cryotherapy, cryo facial, cryo lokal dan cryo lipo.

Selama sesi whole body cryotherapy, ruangan khusus atau cryo cabin akan diisi dengan udara dingin yang telah di proses di mesin dari nitrogen cair secara perlahan dengan pola yang terkontrol hingga suhu mencapai minus 90 hingga minus 120 derajat.

Sebelum masuk ke dalam tabung yang telah memiliki suhu dingin tersebut, pelanggan harus terlebih dahulu melepaskan pakaian dan perhiasan yang mengandung metal, dan menggunakan kimono.

Di dalam cryo cabin  kimononya harus ditanggalkan dan hanya mengenakan pakaian dalam saja. Tujuannya, agar suhu dingin yang ditimbulkan dari cryo cabin bisa lebih terasa dan manfaatnya dapat langsung dirasakan.

"Suhu dingin tersebut akan memicu respon fight or flight tubuh, menstimulasi sirkulasi darah dan meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke area-area tubuh yang membutuhkan, serta hormon endorphin untuk menghilangkan stres," tutur Cuthbert.

Dalam satu kali sesi, perawatan ini hanya berdurasi 3 menit. Meski singkat, namun perawatan ini dapat membakar 800 kalori sehingga cocok untuk membantu proses penurunan berat badan.

Dengan manfaat utama anti-aging, penurunan berat badan, kesehatan dan kebugaran, juga penanganan rasa nyeri dan pemulihan otot, cyrotherapy dapat menjadi rutinitas regular untuk menunjang kesehatan.

Yang disarankan untuk memanfaatkan cryotherapy yakni individu di atas usia 35 tahun dengan keluhan rasa nyeri sendi, kaku otot dan kelelahan. Selain itu, masyarakat urban aktif yang menginginkan perawatan anti-penuaan juga bisa mencoba fasilitas ini.

Kompas.com/Iwan Supriyatna Cryotherapy, perawatan menggunakan suhu esktra dingin yang bisa menjaga kesehatan, kecantikan, dan kebugaran.
Perawatan ini juga sangat baik untuk atlet yang menginginkan masa pemulihan yang cepat untuk menunjang performa fisik yang optimal. Tak hanya itu, individu yang aktif dengan pola tidur yang tidak teratur serta mudah letih dan lesu juga akan mendapatkan kondisi tubuh yang prima.

Setelah diluncurkan untuk pertama kalinya di Hong Kong, Polaris akan membuka pusat Cryotherapy di Indonesia untuk pertama kalinya di akhir Mei 2017. Untuk menikmati perawatan whole body cryotherapy, siapkan dana sebesar Rp 900.000.

Namun, jika Anda memiliki masalah dengan jantung atau pembuluh darah, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter sebelum memanfaatkan fasilitas ini.

"Yang punya penyakit jantung dan pembuluh darah tidak disarankan. Minimal harus berusia 12 tahun, minimal tinggi badan 150cm, tetapi jika dibawah 150 dibantu dengan kursi," pungkas Presiden Direktur Polaris Indonesia, Marina Klent. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com