Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2017, 17:05 WIB
Wisnubrata

Penulis

Ke manakah sepatu lama Anda dibuang?  Mungkin ke tempat sampah dan berakhir di pembuangan sampah bila tidak diambil orang untuk dipakai lagi. Di tempat pembuangan, sepatu-sepatu itu akan menjadi barang yang sulit terurai, sehingga menambah timbunan.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, Reebok memulai program untuk menciptakan sepatu yang ramah lingkungan. Tidak seperti umumnya sepatu yang dibuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi yang tidak bisa didaur ulang, sepatu Reebok ini akan melewati proses “hijau”dari awal pembuatan hingga menjadi barang bekas. Program itu disebut Corn + Cotton.

“Kebanyakan sepatu tidak dibuat untuk bisa terurai di kemudian hari. Kami ingin menciptakan sepatu di mana seluruh prosesnya, dari pembuatan, pemakaian, hingga pembuangan tidak mengotori Bumi ini,” ujar Bill McInnis, pimpinan proyek Reebok Future.

Setelah lima tahun mencari paduan materi dan desain, tim Future menghadirkan sepatu kanvas ber-sol tebal. Bentuknya seperti kebanyakan sepatu casual yang sering kita jumpai, namun sepatu ini 100 persen bisa terurai menjadi kompos.

Sol sepatu ini terbuat dari bahan turunan jagung yang bebas petroleum dan tidak beracun. Sedangkan bagian atasnya dibuat dari katun yang bisa didaur ulang. Meski begitu, Anda tidak akan menyadarinya bila tidak diberi tahu.

Sepatu ini juga melewati semua uji, seperti sneaker Reebok lainnya, dan dicobakan pada para penguji untuk mendapat masukan. “Kebanyakan dari mereka menyatakan tidak merasakan perbedaan antara sepatu ini dengan sepatu biasanya,” ujar McInnis.

Lalu bila kita tidak tahu bedanya, bagaimana kita seharusnya membuangnya kelak? Apakah sama seperti membuang sepatu lain? “Tidak masuk akal bila kita menciptakan sesuatu yang bisa terurai namun kemudian berakhir di pembuangan sampah biasa,” kata McInnis. “Oleh karenanya kita mempersiapkan rencana besar, yakni inisiatif bio-kompos, yang memungkinkan sepatu Corn + Cotton ini diproses dengan cara yang benar.”

Dengan kata lain, sneaker yang bisa terurai inihanyalah awal dari program yang lebih besar untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan. McInnis berharap, teknologi yang sama kelak juga bisa diaplikasikan untuk produk-produk Reebok lainnya, baik sepatu maupun perlengkapan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com