Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2017, 06:11 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Merintis karier secara profesional tentunya memiliki suka dan duka. Terkadang, bukan beban pekerjaan yang membuat waktu Anda terasa berat tetapi orang-orang atau rekan kerja yang menyebalkan.

Semua orang tentunya memiliki hari atau minggu buruk di kantor. Namun, jika Anda sulit mengingat kapan kali terakhir Anda merasa bahagia bekerja di kantor, maka ini pertanda harus segera mencari pekerjaan baru dan mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Kemampuan dan potensi Anda dihambat
Setiap karyawan berpengalaman sangat memahami bahwa Anda harus memberikan yang terbaik jika menginginkan hasil atau kompensasi maksimal dari kantor.

Namun, apabila Anda merasa tidak memiliki ruang untuk menggunakan dan mengimplementasikan kemampuan serta potensi Anda untuk hasil terbaik, maka ini waktunya Anda memikirkan pilihan lain.

Lynn Taylor, seorang workplace expert, leadership coach, dan penulis Tame Your Terrible Office Tyrant,  mengatakan, ketika kelebihan dan potensi Anda dihambat, terutama oleh atasan atau rekan kerja lainnya, sangat sulit untuk Anda berkembang.

“Lepaskan dan carilah perusahaan yang akan menghargai Anda lebih layak,” saran Taylor.

Bos yang tidak kompeten
Meredith Ferguson seorang pakar manajemen mengungkapkan, alasan paling banyak karyawan berhenti kerja adalah memiliki bos yang buruk dan tidak kompeten dalam mengelola potensi personel dalam tim kerja.

Perilaku buruk bos, kata Taylor, tanpa Anda sadari tak hanya memengaruhi waktu Anda selama di kantor, tetapi juga bisa melebar pada kehidupan pribadi Anda.

Jadi, jika Anda sudah melakukan ragam usaha untuk tetap bekerja meski memiliki atasan yang tidak memiliki itikad baik pada Anda, maka jangan ragu, segeralah serahkan surat pengunduran diri.

Anda tidak bisa menang
Robert O’keane seorang konsultan manajemen dari Charles Francis Cooper, menegaskan, jangan mengecilkan diri dan membiarkan diri Anda terus merasa kalah meski Anda telah melakukan hal yang benar.

“Pekerjaan Anda harus memberikan rasa puas, tertantang, dan dorongan untuk maju. Anda harus merasa bahagia dengan pencapaian di tempat kerja walaupun dalam skala kecil. Anda harus memiliki keinginan untuk terus berjuang. Namun, jika Anda tidak diberikan ruang untuk mengaktualisasi diri, ini tanda jelas karier Anda tidak akan berkembang signifikan,” urai O’Keanne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com