Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati pada Rekan Kerja yang Selalu Bersikap Ramah

Kompas.com - 07/06/2017, 11:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com – Musang berbulu domba merupakan istilah terbaik yang menyimpulkan karakter orang yang menyimpan niat buruk pada sikap baik mereka.

Karakter yang demikian banyak Anda temukan pada lingkungan pertemanan, terutama di lingkup kantor, misalnya rekan kerja.

Menurut hasil studi dari University of Plymouth, orang-orang yang sering memberikan sikap tegas dan “kejam” merupakan tipe teman yang justru menginginkan hal-hal baik untuk Anda.

Studi mengungkapkan bahwa ucapan pedas dari seorang teman tidak berarti mereka benci Anda. Sebaliknya, mereka ingin Anda tersadar bahwa Anda bisa menjadi lebih baik dari yang sekarang.

Hasil temuan diperoleh lewat eksperimen yang melibatkan 140 responden.

“Kami mengidentifikasikan beberapa sampel harian dari responden. Kebanyakan teman terbaik adalah mereka yang transparan memperlihatkan pada Anda bentuk kegagalan. Tujuannya agar Anda berbenah diri dan mengembangkan potensi terhindar dari kegagalan tersebut,” urai Belen Lopez-Perez, seorang ilmuwan psikolog dan penulis studi.

Peneliti juga menemukan bahwa responden yang tegas pada pasangan justru ditemukan memiliki empati yang tinggi dan menginginkan pasangannya sukses.

“Temuan ini memberikan pencerahan terhadap kondisi mengapa sahabat atau kerabat terbaik itu sering terlihat seolah ingin membuat Anda merasa terintimidasi. Tujuannya ternyata adalah ingin Anda menjadi orang yang lebih baik,” urainya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com