Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2017, 17:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

Dibanding beberapa dekade lalu, manusia di era modern ini ternyata makin berumur panjang. Bahkan,  para Ilmuwan mengklaim tidak ada batasan berapa lama orang akan hidup dan menjadi “super centenarians” atau orang yang hidup di atas usia 120 tahun.

Sebelumnya para ahli mengklaim bahwa manusia "hanya" akan mencapai usia maksimal sampai 115 tahun, walau ada beberapa orang yang mampu sampai usia 125 tahun.

Dr Xiao Dong dan rekannya di Allbert Einstein College of Medicine di New York berpendapat  usia harapan hidup manusia memiliki puncak dan ada batasan biologis sehingga tak mungkin bisa hidup sampai umur 115 tahun.

Tapi, sebuah studi terbaru dari Profesor Dr Siegfried, ahli biologi McGill University berpendapat tidak ada bukti bahwa jangka hidup maksimal manusia belum bertambah. Ia percaya super-centenarian akan menjadi lebih umum karena harapan rata-rata hidup orang terus meningkat.

Dengan menagnalisis usia individu tertua di Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Jepang setiap tahun sejak 1968, para peneliti McGill tidak menemukan bukti mengenai batas usia manusia, dan jika memang ada yang maksimal hal itu belum tercapai atau terindentifikasi.

Siegfried mengatakan klaim usia maksimal manusia didasarkan pada adanya garis datar atau plateu usia tertinggi manusia dimulai dari tahun 1995 dan mendekati tahun 1997. 

"Tahun ini Jeanne Calment, seorang super-centenarian dengan usia paling lama yang dibuktikan dengan catatan—meninggal dunia. Kami hanya tidak tahu batas umurnya," kata Siegfried.

Menurut dia, dengan memperluas garis tren kita dapat menunjukkan batas maksimal dan usia hidup rata-rata manusia akan meningkat jauh di masa depan.

Dia menjelaskan bahwa kita sudah mengetahui bahwa usia rata-rata hidup manusia terus berubah. Misalnya pada tahun 1841 rata-rata pria Inggris yang baru lahir dapat hidup mencapai 40 tahun, tapi di tahun 2011 angka harapan hidup mencapai 79 tahun. Saat ini angka harapan hidup telah meningkat hingga 81 tahun.

Meningkatnya usia harapan hidup manusia dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah teknologi, intervensi medis dan perbaikan kondisi kehidupan. Jadi, sulit menebak berapa lama manusia bisa hidup.

"Tiga ratus tahun yang lalu, banyak orang hidup hanya dalam masa singkat. Jika kita mengatakan kepada mereka bahwa suatu hari kebanyakan manusia bisa hidup sampai usia 100 tahun mereka pasti mengatakan bahwa kita gila,” kata Siegfried.

Menurutnya, studi sebelumnya tidak memungkinkan kita untuk memprediksi lintasan jangka hidup maksimum manusia di masa depan, dan karenanya tidak ada bukti untuk klaim yang menyebut usia maksimum manusia 'tetap dan tunduk pada hambatan alami’.”

Sementara itu, Dong sendiri tak setuju dengan penelitian yang dipublikasikan journal Nature itu. “Dengan tidak adanya dasar statistik yang solid dari berbagai skenario masa depan, kami merasa bahwa interpretasi kami terhadap data tersebut mengarah pada batas umur manusia yang hanya sekitar 115 Tahun tetap berlaku.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com