Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengadopsi Konsep Feng Shui, 10 Cara Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 04/07/2017, 17:00 WIB
Iwan Supriyatna,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda percaya pada sisi spiritual dan kosmis alam, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, Anda bisa menerapkan Feng Shui pada area rumah.

Menurut Feng Shui, kamar tidur seharusnya menjadi tempat yang mampu memberikan ketenangan saat beristirahat sehingga energi akan dipulihkan saat bangun tidur. Selain itu, kamar tidur juga harus berada di area yang penuh dengan chi positif atau energi yang baik.

Feng shui bisa berarti penataan ulang rumah dan furnitur yang selaras dengan kekuatan alam untuk menginduksi getaran positif di dalam rumah. Ketidakseimbangan bisa membawa energi negatif.

Namun, jika mengundang ahli Feng Shui dirasa terlalu mahal, Anda bisa mengikuti panduan tentang bagaimana Feng shui di kamar tidur seperti dilansir dari laman Woman Daily Tips.

1. Pastikan tempat tidur memiliki papan penopang kepala yang kokoh

Tempat tidur dengan headboard padat memberi Anda perlindungan sejati chi positif. Bahkan jika Anda tidak percaya pada Feng Shui, Anda akan merasa memiliki perlindungan lebih saat berbaring di tempat tidur yang memiliki sandaran kepala yang kokoh.

2. Rajin mengganti kasur

Selalu beli kasur baru karena yang bekas mungkin tidak memiliki energi yang baik. Kasur yang baik akan memberikan energi positif ke tubuh Anda. Selain itu, tidur di kasur yang benar juga bagus untuk kesehatan punggung.

3. Jangan menempatkan lebih dari satu cermin di kamar

Konsep Feng Shui sebenarnya tidak merekomendasikan penggunaan cermin di kamar tidur. Paling banyak, hanya ada satu cermin saja. Selain itu, hindari menempatkan cermin yang langsung memantulkan bayangan tubuh Anda saat tertidur di kasur, karena ini dipercaya akan  mengganggu tidur.

4. Tempat tidur harus ditempatkan pada ketinggian yang tepat

Energi positif harus mengalir di sekitar Anda saat tidur dan tidak boleh terhalang, sehingga memungkinkan aliran seimbang di bawah tempat tidur. Ini berarti harus ada ketinggian yang tepat antara tempat tidur dan tanah. Saat ini beberapa desain tempat tidur dilengkapi dengan laci penyimpanan, namun desain tersebut menurut ilmu Feng Shui tidak baik karena menghambat sirkulasi energi.

5. Jangan tidur melawan jendela

Tempat tidur sebaiknya ditempatkan di dinding yang kokoh yang menahan energi positif di sekitar Anda. Tidur menghadap jendela bisa melemahkan chi karena tidak ada dukungan dan tidak memiliki simbol perlindungan apa pun.

6. Tempat tidur jangan sejajar dengan pintu yang terbuka

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com