Membersihkan Sisa Adonan di Cetakan Kue

Kompas.com - 15/03/2011, 18:27 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kue kering akan terlihat cantik apabila kita menggunakan cetakan-cetakan unik saat mengolah adonannya. Sayangnya, kadang cetakan-cetakan itu memiliki bentuk yang sangat berlekuk sehingga jadi sulit dibersihkan. Tidak mustahil kita menemukan sisa-sisa adonan yang masih menempel ketika hendak menggunakannya di kemudian hari.

Agar cetakan kembali bersih, kita hanya perlu melakukan langkah-langkah mudah di bawah ini, yaitu:

1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan cetakan kue dalam rebusan air tadi. Diamkan beberapa detik dengan kompor tetap menyala.

2. Goyang-goyangkan cetakan menggunakan penjepit. Air panas akan membuat sisa adonan tersebut menjadi lunak sehingga mudah terlepas saat cetakan digoyangkan.

3. Setelah semua sisa adonan terlepas, matikan kompor. Keluarkan cetakan, rendam dalam air dingin, lalu cuci hingga bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.