Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Latihan Pilates Tanpa Instruktur?

Kompas.com - 08/04/2011, 09:35 WIB

KOMPAS.com - "Apakah kita boleh melakukan latihan Pilates sendiri di rumah, tanpa pengawasan ahli atau instruktur? Saya ingin mencoba olahraga ini, tapi sering tak punya waktu untuk datang ke studio Pilates." (Rania Adisti, via e-mail)

Menurut Felicita Pingkan, instruktur Pilates di Golds Gym, Mall of Indonesia, Jakarta, Pilates dapat dilakukan sendiri di rumah hanya bila kita sudah paham benar berbagai gerakannya. Gerakan yang dilatih sendiri dengan tepat, akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun bila penerapannya tidak tepat, justru bisa berbahaya dan menimbulkan cedera.

Beberapa gerakan dasar yang bisa dilakukan sendiri misalnya, pernafasan diafragma, latihan postur berdiri, latihan duduk sesuai ergonomik, dan standing roll down. Namun, tetap saja awalnya kita harus memelajari semua gerakan itu bersama instruktur. Peran instruktur sangat penting, antara lain ia akan menganalisis kondisi tubuh Anda terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mereka mengajari Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dan mengoreksi postur yang salah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com