Bugar dan Bakar 1200 Kalori dengan Muaythai

Kompas.com - 21/12/2011, 22:17 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Sekitar 190 pelatih kebugaran menuntaskan program Training of Trainers (ToT) Fitness First Indonesia yang berlangsung lima hari (17-21 Desember 2011) di Jakarta, memelajari olah raga bela diri Muaythai. Stephan Fox, mantan juara dunia dan Wakil Ketua World Muaythai Council (WMC) didatangkan langsung ke Indonesia untuk mengajarkan olah raga multimanfaat ini.

Seperti apa Muaythai dan bagaimana manfaatnya? 190 Personal Trainer Bersertifikasi WMC inilah nantinya yang akan mentransfer ilmu kebugaran ini melalui program 60 menit di Fitness First.

"Satu sesi latihan Muaythai dengan personal trainer berlangsung selama satu jam dengan kombinasi latihan lainnya. Latihan ini harus one on one, agar hasilnya maksimal. Karena dengan latihan yang benar, Muaythai dapat membakar 700-1200 kalori selama latihan satu jam. Nantinya juga akan ada group training namun bukan kelas Muaythai," jelas Julia Nurdin, Marketing Manager Fitness First Indonesia kepada Kompas Female seusai kegiatan ToT di Assembly Hall Plaza Bapindo, Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Mengapa Muaythai?

Julia menjelaskan, Muaythai bukan sekadar seni bela diri namun dengan melakukan latihan berbasis Muaythai sejumlah manfaat bisa diraih. Mulai pengendalian diri, kebugaran, penurunan berat badan, dan mengurangi stres.

Fox, kepada sejumlah media mengatakan, Muaythai merupakan latihan bela diri yang juga memiliki fungsi kardio, juga dapat menjadi kompetisi, dan latihan untuk kebugaran serta membuat penampilan tetap terjaga.

Muaythai sendiri merupakan olah raga yang dinamis. Melalui latihan ini, Anda mampu meningkatkan kekuatan fisik, koordinasi, stabilitas, stamina dan kesigapan tubuh. Latihan Muaythai secara teratur tak hanya menghasilkan manfaat kebugaran fisik namun juga membuat Anda lebih sabar dan memiliki pengendalian diri lebih tinggi, serta membantu menurunkan tingkat stres.

Jika Anda menyimak acara reality show, The Biggest Loser Asia, Muaythai menjadi bagian dari program penurunan berat badan untuk kontestannya. Latihan ini dianggap paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Untuk mengenalkan latihan kebugaran berbasis Muaythai, Fitness First membuka sesi Boot Camp di salah satu klubnya di Senayan City. Sesi ini terdiri dari 30 menit freestyle dan 30 menit gerakan Muaythai. Baik anggota klub kebugaran maupun yang bukan anggota, dapat merasakan sendiri pengalaman melatih tubuh dengan gerakan kombinasi Muaythai ini setiap Rabu.

"Muaythai dipilih sebagai salah satu program latihan lebih karena manfaat kesehatannya. Saat ini semakin banyak orang yang mulai sadar pentingnya hidup sehat. Selain itu, sebagian orang yang sering berlatih juga membutuhkan tantangan yang lebih besar. Inilah mengapa Muaythai dipilih sebagai salah satu bagian dari program freestyle training," tandas Julia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.