Kreatif dan Berani Jadi Agen Rahasia KidZania

Kompas.com - 29/02/2012, 13:53 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com — Satu lagi permainan edukatif hadir di "kota"-nya anak-anak, KidZania. Kali ini giliran establishment Cosmos, berdiri sejak 2009, yang menghadirkan permainan baru sekaligus mengajak anak lebih berani dan kreatif menjawab tantangan dengan menjadi agen rahasia.

Melalui establishment Cosmos Secret Agent, anak-anak usia sekolah dapat merasakan sendiri sensasi petualangan menjadi agen rahasia. Anak-anak harus melewati lima lorong dengan empat misi berbeda. Misi utama dari tantangan di permainan agen rahasia ini adalah menghidupkan kembali lampu kota KidZania yang padam karena sabotase.

Layaknya James Bond, tokoh agen rahasia dalam film Hollywood, di wahana permainan ini, anak-anak dihadapi pada sejumlah rintangan. Keberanian, kreativitas, dan kecerdasan anak-anak menentukan keberhasilan mereka dalam menuntaskan misi di setiap tahapnya. Tahap awal, anak-anak harus melewati lorong yang penuh jebakan laser, melalui lorong berangin, kemudian melewati sungai bebatuan, dan tugas akhirnya mencocokkan socket yang tepat ke lubang kunci untuk menyalakan kembali listrik kota.

Sederhana saja misinya, dan anak-anak pun mendapatkan petunjuk awal serta didampingi orang dewasa dalam menuntaskan misi. Meski begitu, permainan sederhana ini nyatanya punya dampak positif jangka panjang. Dengan menjadi agen rahasia di KidZania, anak belajar peran baru yang membantunya membangun karakter positif dalam dirinya.

"Permainan agen rahasia ini membantu pengembangan karakter anak. Seperti berani menghadapi tantangan, bisa menganalisis masalah, berani mengambil keputusan," jelas Dharma Surjaputra, Managing Director PT Star Cosmos, saat sesi talkshow di sela re-launching establishment Cosmos di Mal Pasific Place, Jakarta, Rabu (29/2/2012).

Hadirnya wahana edutainment ini sekaligus juga memberikan inspirasi kepada anak juga orangtua mengenai pilihan profesi agen rahasia. Jika pada awal berdirinya Cosmos memberikan pembelajaran kepada anak mengenai profesi peneliti di KidZania, kali ini anak-anak mendapat tantangan baru dengan menjadi agen rahasia.

Pada kesempatan yang sama, Cosmos dan KidZania juga menghadirkan sosok inspiratif, yaitu agen rahasia perempuan yang kini menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat II Ekonomi, Direktorat Intelijen Keamanan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Titik Velentina.

Menurut Titik, permainan agen rahasia seperti ini memberikan sedikit gambaran mengenai pekerjaan intelijen, yakni mengamati, mempelajari, dan menyelesaikan masalah.

"Intelijen harus cerdas, berani menghadapi tantangan, dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secepatnya," jelasnya, sambil menambahkan bahwa intelijen juga harus kreatif dan tekun.

Karakter yang disebutkan Titik itulah yang berusaha ditanamkan dalam diri anak-anak yang mengikuti permainan agen rahasia ini. Melalui wahana permainan anak ini, Titik juga berharap pemikiran baru terlahir darinya dan semakin banyak lagi orang tertarik menjadi agen rahasia untuk memperkuat negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.