Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Bersih dengan Minyak Esensial

Kompas.com - 15/03/2012, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Minyak esensial, atau sering disebut essential oil, tidak hanya harum saat dicium, namun juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan umum pada kulit. "Minyak esensial yang diaplikasikan pada kulit dapat membantu memperbaiki kerusakan dengan optimal," kata Janine Giordanelli, Kepala Aesthetician dari I Spa, Hotel Intercontinental, San Francisco.

Bingung memilih jenis minyak esensial mana yang tepat untuk kulit Anda? Berikut ini beberapa rekomendasi dari pakar:

* Untuk mengatasi jerawat, kulit yang kemerahan serta iritasi, pilih lavender
Tidak seperti minyak tea tree yang sifatnya antiseptik dan bisa membuat kulit jadi kering, lavender lebih lembut bagi kulit, dapat mengecilkan pori-pori, serta meredakan kemerahan pada kulit.

* Untuk mengatasi kerutan halus, kerutan nyata, atau kerutan pada area mata, pilih myrrh dan frankincense
Keduanya dapat menstimulasi sel-sel kulit agar tumbuh kembali. Selain itu, keduanya juga bisa digunakan pada area kulit lainnya.

* Untuk mengatasi kulit yang kering dan bersisik, pilih sandalwood
Minyak esensial ini dapat memberikan kelembaban bagi kulit. Untuk hasil lebih optimal, campurkan dengan base cream untuk mendapatkan pelembab yang lebih andal.

* Untuk mengatasi kulit yang berminyak atau keluhan rosacea, pilih rose
Dehidrasi seringkali menjadi penyebab kondisi kulit yang berminyak atau ruam merah. Minyak esensial rose memiliki efek hidrasi, sehingga kondisi kulit dapat menjadi lebih sehat.

* Untuk mengatasi ruam gatal pada kulit, pilih clove
Campurkan dengan carrier oil, seperti coconut seed atau grapeseed. Studi yang dilakukan oleh Queensland Institute of Medical Research menemukan bahwa tipe minyak ini akan menjadi solusi paling efektif untuk menghilangkan ruam dan gatal pada kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com