Kulit Bersih dengan Minyak Esensial

Kompas.com - 15/03/2012, 08:35 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Minyak esensial, atau sering disebut essential oil, tidak hanya harum saat dicium, namun juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan umum pada kulit. "Minyak esensial yang diaplikasikan pada kulit dapat membantu memperbaiki kerusakan dengan optimal," kata Janine Giordanelli, Kepala Aesthetician dari I Spa, Hotel Intercontinental, San Francisco.

Bingung memilih jenis minyak esensial mana yang tepat untuk kulit Anda? Berikut ini beberapa rekomendasi dari pakar:

* Untuk mengatasi jerawat, kulit yang kemerahan serta iritasi, pilih lavender
Tidak seperti minyak tea tree yang sifatnya antiseptik dan bisa membuat kulit jadi kering, lavender lebih lembut bagi kulit, dapat mengecilkan pori-pori, serta meredakan kemerahan pada kulit.

* Untuk mengatasi kerutan halus, kerutan nyata, atau kerutan pada area mata, pilih myrrh dan frankincense
Keduanya dapat menstimulasi sel-sel kulit agar tumbuh kembali. Selain itu, keduanya juga bisa digunakan pada area kulit lainnya.

* Untuk mengatasi kulit yang kering dan bersisik, pilih sandalwood
Minyak esensial ini dapat memberikan kelembaban bagi kulit. Untuk hasil lebih optimal, campurkan dengan base cream untuk mendapatkan pelembab yang lebih andal.

* Untuk mengatasi kulit yang berminyak atau keluhan rosacea, pilih rose
Dehidrasi seringkali menjadi penyebab kondisi kulit yang berminyak atau ruam merah. Minyak esensial rose memiliki efek hidrasi, sehingga kondisi kulit dapat menjadi lebih sehat.

* Untuk mengatasi ruam gatal pada kulit, pilih clove
Campurkan dengan carrier oil, seperti coconut seed atau grapeseed. Studi yang dilakukan oleh Queensland Institute of Medical Research menemukan bahwa tipe minyak ini akan menjadi solusi paling efektif untuk menghilangkan ruam dan gatal pada kulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.