Cara Aman Cabut Bulu Ketiak

Kompas.com - 05/04/2012, 09:52 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Tak ada perempuan yang ingin mengenakan atasan tanpa lengan dan menampakkan bulu ketiak yang belum dicukur. Oleh karena itu, mencukur atau mencabut bulu ketiak merupakan salah satu ritual wajib berdandan. Namun, mencabut rambut ketiak tak boleh sembarangan agar tak terjadi iritasi, pori-pori membesar, atau terasa perih.

"Menurut data dari Beauty Understanding Survey pada 2011 lalu, sekitar 37 persen perempuan Indonesia lebih suka mencabut rambut ketiaknya untuk meminimalisasi perkembangan bakteri, dan untuk menambah percaya diri ketika mengenakan baju tanpa lengan," ungkap Eka Sugiarto, Marketing Manager Deo Unilever Indonesia, dalam acara "Little Secret for Your Beautiful Underarms di St. Regis Resort and Spa, Bali, akhir pekan lalu.

Ketika akan mencabut rambut ketiak, perhatikan hal-hal ini:

1. Pastikan alat pencabut bulu ketiak ini bersih dan higienis, sehingga kulit Anda tidak teriritasi. Agar terjamin kebersihannya, sebaiknya cuci dalam larutan alkohol sebelum digunakan.

2. Saat mencabut bulu ketiak, cabut bulu dalam satu kali tarikan, agar kulit tak terlalu sakit. Cabut bulu mengikuti arah tumbuhnya bulu untuk memastikan bahwa folikel kulit tidak rusak. Pencabutan ini bertujuan untuk menekan kerusakan folikel rambut yang bisa berakibat pada membesarnya pori-pori kulit seminimal mungkin.

3. Setelah selesai mencabut bulu ketiak, siram ketiak Anda dengan air dingin. Tujuannya untuk mengobati "luka" yang terjadi akibat pencabutan bulu, dan mencegah masuknya bakteri ke bagian ketiak dan menyebabkan infeksi. Air dingin ini bisa membantu menutup pori-pori ketiak.

4. Gunakan deodoran untuk membantu memperbaiki jaringan kulit yang menjadi luka. "Deodoran bisa berfungsi sebagai obat luka di ketiak untuk menutup pori-pori, dan merawatnya agar tidak berubah warna," sarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.