Agar Anak Muda Lebih Suka Jamu

Kompas.com - 08/04/2012, 08:49 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Kebiasaan minum jamu atau menggunakan jamu untuk perawatan kulit dan tubuh masih dilakukan sebagian orang hingga kini. Boleh jadi, Anda sendiri masih mengonsumsi jamu yang diyakini mampu menjaga kesehatan tubuh bahkan kecantikan kulit. Namun bagaimana dengan sebagian generasi muda yang kurang akrab dengan ramuan menyehatkan asli Indonesia ini? 

Menjadikan jamu sebagai bagian dari tren gaya hidup sehat anak muda, menjadi perhatian bagi produsen jamu PT Njonja Meneer. Produsen jamu ini telah memproduksi 300 jenis jamu, dan  hingga kini dikonsumsi bukan hanya di Indonesia namun juga di Malaysia hingga Hong Kong. Pelanggan di dalam dan luar negeri mengapresiasi tinggi terhadap produk jamu Indonesia ini. Meski begitu, masih dibutuhkan usaha ekstra yang lebih kreatif agar minuman jamu menjadi bagian dari gaya hidup.

Presiden Direktur PT Njonja Meneer Charles Saerang mengatakan, produk jamu akan terus dikembangkan untuk mengenalkan atau mengakrabkan anak muda dengan jamu-jamuan. Beragam cara dilakukan salah satunya membuat ragam produk dengan sentuhan jamu, untuk mengenalkan jamu secara bertahap kepada generasi muda. Meski manfaatnya tak sehebat jamu asli, namun cara kreatif ini setidaknya membantu anak muda untuk secara bertahap mengenal dan menyukai jamu.

Njonja Meneer memproduksi ragam kreasi minuman mengandung jamu seperti jamu es krim putar, jamu ice blended, jamu coffee blended. Di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah produsen jamu ini membuka kafe jamu.

Meneer Shop

Sementara di kota-kota besar seperti Jakarta, Njonja Meneer sedang mengembangkan Meneer Shop yang didalamnya juga terdapat kafe. "Banyak orang yang kesulitan mencari produk jamu, karenanya kita akan mengubah konsep yang awalnya Meneer Cafe menjadi Meneer Shop. Selain juga nanti akan dibuka Jamu Corner berukuran 2x2 meterpersegi. Konsep ini nantinya akan dijalankan dengan sistem franchise," jelas Charles saat temu media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Charles, Meneer Shop merupakan terobosan terbaru sekaligus ikon jamu yang diharapkan nantinya semakin mampu menggaet animo anak muda untuk mengonsumsi jamu dan melestarikannya sebagai produk kesehatan alami dari dalam negeri. Meneer Shop dapat dijumpai di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Bekasi dan Banten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.