Kompas.com - 30/05/2012, 08:50 WIB
EditorDini

T:
Untuk memperoleh diet yang sehat dan berat badan yang ideal, selama sebulan ini saya mengonsumsi produk jamu pelangsing. Apakah jamu pelangsing mempunyai efek samping atau tidak, Dok? Terima kasih. (Kristiana Hardaning Utami, 38)

J:
Terima kasih kembali Kristina,
Untuk mendapatkan berat badan ideal cara yang terbaik tentunya dengan mengatur antara asupan dan pengeluaran energi tubuh. Penggunaan obat-obatan hanya diperbolehkan atas resep dokter yang menangani program penurunan berat badan Kristina.

Mengenai jamu pelangsing yang Kristina konsumsi, saya tidak bisa memberikan komentar apapun juga karena tidak mengetahui kandungan zat aktif dalam jamu tersebut. Saya sarankan jika Kristina ingin melakukan program penurunan berat badan secara sehat dan tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gizi atau dokter keluarga yang ada di kota Anda, agar dapat diatur secara tepat jumlah, jenis, maupun jadwal diet yang tepat bagi Kristina.

Jika memang harus mengonsumsi obat, alangkah baiknya jika obat tersebut memang obat yang diresepkan oleh dokter dengan kandungan zat aktif serta dosis yang tepat untuk usia dan kondisi Kristina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.