Kompas.com - 18/08/2012, 15:00 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Saat berhari raya, kenapa tak coba menyajikan hidangan yang sedikit berbeda? Olahan domba panggang dari Chef Vindex Tengker ini bisa jadi sajian yang menggugah selera. Uniknya, domba panggang ini disajikan dengan racikan bumbu rujak.

Bahan:
350 gr lamb rack
50 cc bumbu rujak
80 gr bayam, tumis
30 gr baby corn, tumis
garam dan lada secukupnya

Bumbu rujak:

30 cc minyak
60 gr bawang merah, iris
15 gr bawang putih, iris
75 gr cabe merah, buang bijinya dan iris
10 gr lengkuas, iris
15 gr batang serai, iris
25 gr kemiri, sangrai, dan haluskan
5 gr pasta udang, haluskan
2 lembar daun salam
10 cc air asam
40 gr gula palem
500 cc santan kental
gula dan garam secukupnya
kaldu secukupnya

Cara membuat:
1. Bumbu rujak: Panaskan wajan, tambahkan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, dan serai sampai harum. Tambahkan kemiri sangrai, dan pasta udang. Dinginkan. Setelah dingin, masukkan bumbu ini ke dalam blender, dan haluskan. Tumis kembali bumbu ini dan tambahkan sisa bahan yang masih ada. Masak selama 10 menit. Sisihkan.
2. Domba: Rendam daging dengan garam, lada, dan bumbu rujak. Diamkan sampai bumbunya meresap. Kemudian panggang daging ini sampai matang. Diamkan selama 5-10 menit sebelum disajikan.
3. Sayuran: Tumis sedikit bawang putih sampai harum, kemudian tambahkan bayam dan baby corn. Tumis sebentar sampai layu dan matang. Tambahkan garam untuk perasa.
4. Tata sayuran di dasar piring, kemudian susun daging domba di atasnya. Siram dengan bumbu rujak dan santan kental.

Resep: Chef Vindex Tengker dalam acara Kampanye Buah Nusantara, di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Senin (13/8/2012) lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.