Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2013, 09:26 WIB

KOMPAS.com - Panci-panci yang terbuat dari stainless steel memang bisa membantu mempercepat proses memasak. Namun, proses pemanasan yang terus-menerus tanpa teknik merawat yang tepat akan menyebabkan panci berubah warna, dan memperlihatkan bercak-bercak hitam sisa asap yang menempel di bokong panci.

Bercak-bercak hitam itu pasti membuat panci selalu terlihat kotor, dan membuat Anda risih memakainya. Jika memiliki masalah seperti ini, Anda tak perlu langsung membuang panci karena sisa abu yang menghitam itu masih bisa dihilangkan. Cara terbaik untuk menghilangkan noda tersebut tergantung pada materi pembuat panci. Untuk panci stainless steel, Anda bisa menggunakan cuka putih atau jus lemon.

Cuci panci dengan menggunakan cuka atau jus lemon, lalu gosok perlahan. Hindari merendamnya dalam cairan ini karena bisa membuat permukaannya berlubang. Setelah itu, cuci kembali panci ini dengan menggunakan sabun pencuci piring yang biasa digunakan. Setelah bersih, lap dengan kain bersih. Jangan membiarkan panci ini kering karena angin karena kombinasi air dan udara bisa menyebabkan karat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com