Kompas.com - 16/02/2013, 16:44 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Indonesia Fashion Week (IFW) 2013 berlangsung empat hari dengan tema berbeda setiap harinya. Pada hari kedua, 15 Februari 2013, IFW 2013 menghadirkan ragam kegiatan seputar busana muslim. Selain menampilkan ragam koleksi busana muslim rancangan desainer muda dan ternama Indonesia, aneka kegiatan yang memberikan inspirasi berbusana muslim, terutama berkerudung, juga berlangsung di area Main Lobby Jakarta Convention Center.

Di panggung busana, ratusan model busana muslim ditampilkan. Setiap brand dan desainer menghadirkan ragam pilihan koleksi sesuai karakter dan selera. Meski berbeda gaya, sebagian besar desainer menampilkan busana muslim dengan warna-warna pastel. Warna-warna lembut inilah yang menjadi tren busana muslim untuk 2013 bahkan bisa bertahan hingga 2014.

Dian Wahyu Utami dengan brand Dian Pelangi tampil dalam Fashion Parade IFW 2013 menampilkan koleksi edisi terbatas, terinspirasi padang pasir Afrika. Koleksi yang dipersiapkannya dalam seminggu ini menggunakan bahan sifon yang ringan, dengan warna hangat namun tetap menunjukkan karakter Dian Pelangi yang berani bermain warna dalam satu set busana. Warna hangat koleksi Dian Pelangi pun mewakili tren warna pastel pada busana muslim.

Merek busana muslim ternama, Shafira, juga menampilkan warna pastel dalam koleksi terbarunya Jardin de la Sultana. Koleksi ini terinspirasi dari landscape garden, ikon istana Alhambra di Granada Spanyol. Shafira menerjemahkan tren warna pastel 2013 dengan nuansa berbeda. Koleksi evening wear yang ditampilkan Shafira dalam IFW 2013 hadir dengan warna pastel hasil percampuran warna rekayasa komputer. Sebanyak 72 set busana koleksi 2013 ini didominasi warna lembut, menghadirkan warna pastel dengan sentuhan teknologi.

Jeny Tjahyawati dengan brand Jeny juga menampilkan warna pastel dalam pagelaran busana bertema Sweet Royale. Busana muslim termasuk kerudung dengan teknik makram hadir dengan warna lembut, didominasi pink.

"Warna pastel menjadi tren 2013-2014 termasuk untuk busana muslim," ungkapnya saat jumpa pers jelang show.

Sementara bagi Nuniek Mawardi yang tampil mengangkat lurik, tren warna pastel tak berdiri sendiri. Dalam rancangannya, ia menampilkan warna new reinessance, warna pastel yang dipadukan dengan warna kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap desainer menerjemahkan tren warna pastel pada busana muslim dengan gaya dan karakternya masing-masing. Anda punya banyak pilihan untuk menemukan gaya personal dalam berbusana muslim. Jika tak sempat melihat langsung pagelaran busana muslim, Anda masih bisa menemukan inspirasi gaya busana muslim di area pameran Indonesia Fashion Week 2013 yang buka hingga Minggu, 17 Februari 2013.

 busana-muslim

Koleksi busana muslim Shafira, Jeny Tjahyawati, Ria Miranda di Indonesia Fashion Week 2013. (FOTO: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.