Kompas.com - 27/02/2013, 17:59 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Uban pasti akan tumbuh seiring bertambahnya usia. Namun pengaruh genetik, gaya hidup tak sehat, ketidakseimbangan hormon, diet yang salah, dan stres bisa menyebabkan uban tumbuh lebih dini. Masalah kesehatan seperti gangguan kelenjar tiroid dan anemia juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban lebih cepat.

Daripada mencabut uban atau menutupinya dengan cat rambut, coba atasi masalah uban dini dengan cara yang lebih nikmat, yaitu dengan makanan. Sebab, ada beberapa makanan yang diklaim mampu melawan tumbuhnya uban, seperti:

1. Sayuran hijau

Beberapa vitamin yang dibutuhkan rambut untuk tetap "awet muda" adalah vitamin B6 dan B12. Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber makanan yang mengandung vitamin B yang tinggi. Selain baik untuk kesehatan rambut, sayuran hijau juga mengandung folat yang amat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui.

2. Cokelat

Cokelat mengandung zat tembaga alami yang tinggi. Tembaga diketahui memiliki peran aktif dalam merangsang produksi melanin di rambut. Melanin ini berfungsi untuk menghasilkan zat warna rambut.

3. Berry
Buah berry seperti strawberry, raspberry, atau cranberry, mengandung vitamin C yang bagus untuk rambut. Vitamin C tak hanya membantu mengatasi rambut beruban sebelum waktunya, tapi juga membantu membuat rambut jadi lebih sehat. Selain berfungsi untuk menyehatkan rambut, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit.

4. Salmon
Tak cuma lezat disantap, daging ikan salmon ternyata juga berkhasiat membantu melawan pigmentasi pada rambut. Kandungan selenium di dalam salmon akan membantu mengatur produksi hormon pemberi warna pada rambut. Untuk kesehatan, salmon juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang mengganggu sistem kerja tubuh.

5. Almond
Selama ini almond dikenal punya banyak manfaat untuk kulit. Padahal kacang juga bermanfaat untuk rambut. Kacang ini kaya akan vitamin E dan tembaga, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dan menjaganya tetap halus.

6. Garam
Kandungan iodin pada garam juga akan membantu mencegah perubahan warna rambut. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat kesehatan Anda terganggu. Solusinya, Anda bisa mengganti garam dengan makanan yang mengandung iodin tinggi seperti ikan, pisang, atau wortel.

7. Produk olahan susu
Berbagai produk olahan susu seperti keju dan yogurt mengandung vitamin B, B6, dan B12 yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang lancar akan membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi lain ke kulit kepala, sehingga rambut jadi lebih sehat. Selain produk olahan susu, makanan lain yang juga mengandung vitamin B yang tinggi adalah serealia, pasta, daging, telur, dan sayuran hijau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.