Kompas.com - 17/03/2013, 09:58 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Setelah menggunakan oven, biasanya Anda agak malas untuk membersihkan karena dianggap tidak terlalu kotor. Padahal tumpukan noda dan kotoran yang ada di dalam oven bisa membuatnya jadi cepat berkarat.

Cara termudah untuk membersihkan oven adalah dengan menggunakan produk pembersih kimia. Namun, pembersih kimia seringkali membuat lempengan besi di oven lebih mudah berkarat, dan meninggalkan bau tak sedap.

Sebaiknya gunakan bahan-bahan pembersih alami yang mudah ditemukan di dapur, dan lebih ampuh menghilangkan noda serta memberi aroma yang harum.

1. Baking soda
Baking soda memiliki banyak manfaat pembersih, salah satunya untuk membersihkan oven. Campurkan baking soda dengan air, kemudian aduk sampai menjadi pasta. Lapisi seluruh bagian oven dengan pasta ini, lalu diamkan semalaman. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan spons basah hangat. Keringkan.

2. Garam dan cuka

Campurkan garam, cuka, dan air dalam botol penyemprot, kemudian semprotkan campuran ini ke seluruh bagian oven. Kemudian panaskan oven dengan suhu yang rendah. Lap dengan kain bersih. Agar lebih wangi, Anda bisa mengganti cuka dengan perasan air jeruk lemon.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.