Kompas.com - 04/05/2013, 11:43 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Sebagian besar orangtua pasti menginginkan anaknya punya tubuh yang tinggi semampai. Namun faktor genetik tentu lebih menentukan apakah anak akan tumbuh sedang-sedang saja atau tinggi. Apalagi kalau Anda dan pasangan tak memiliki tinggi tubuh di atas rata-rata. Tak heran, banyak perempuan yang mencari pria-pria bertubuh tinggi untuk "memperbaiki keturunan".

"Tinggi tubuh anak memang bisa diprediksi melalui tinggi tubuh Anda dan pasangan. Ada perhitungan mudah yang bisa diaplikasikan untuk memperkirakan tinggi badan anak," ungkap dr Tatang Puspanjono, SpA, dokter spesialis anak dari MRCCC Siloam Semanggi Hospital, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Perhitungan tinggi badan yang digunakan ini berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan. Hal ini disebabkan karena ada perbedaan genetik tiap jenis kelamin, meskipun ada kemungkinan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki, atau sebaliknya.

Untuk menghitung tinggi badan anak laki-laki, Anda bisa menggunakan rumus:

Laki-laki:       Tinggi tubuh ayah + tinggi tubuh ibu
                     ______________________________  + 13  +/-  8,5 cm

                                         2

Perempuan :       Tinggi tubuh ayah + tinggi tubuh ibu
                           _______________________________ - 13  +/-  8,5 cm
                                                     2

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui perhitungan ini, Anda akan mendapatkan dua angka tinggi badan karena adanya perhitungan plus dan minus. Namun, angka ini merupakan prediksi tinggi badan tertinggi dan terendah yang dimiliki anak.

Misalnya, jika ayah memiliki tinggi tubuh 175 cm, dan ibu 165 cm, maka kemungkinan tinggi tubuh anak laki-laki yang tertinggi adalah (175 + 165 : 2) +13 + 8,5 = 191,5 cm. Sedangkan kemungkinan tinggi tubuh terendahnya adalah (175 + 165 : 2) +13 - 8,5 = 174,5 cm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.