Kompas.com - 06/05/2013, 08:20 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Perancang yang dikenal setia mengolah wastra Indonesia, Stephanus Hamy, tampil sebagai pembuka event mode bertema "Fashiontastic EtnoNesia" yang digelar Pondok Indah Mall 2, Jakarta, Jumat (3/5/2013) lalu. Sebanyak 32 koleksi padupadan rancangan Hamy menggunakan kain tenun dari Nusa Tenggara Timur, khususnya daerah Sikka dan Sumba Timur.

"Kain yang dipakai adalah hasil modifikasi, motifnya sudah dicampur dan lebih sederhana. Koleksinya lebih untuk padupadan. Jadi ciri khasnya bisa dipadupadankan," jelas Sabena, asisten Stephanus Hamy kepada KompasFemale.

Pada pagelaran tersebut memang terlihat permainan mix and match kain tenun dengan celana kulot atau rok overlap yang tetap memberikan sentuhan feminin. Detail dimainkan pada payet warna emas dan aksesori bebatuan.

"Karena segmentasi pemakai busana ini adalah kaum perempuan usia 20 - 55 tahun, jadi kesan elegan dan feminin sangat kental. Koleksi ini memang ditujukan untuk wanita mapan dan karier," imbuhnya.

Mayoritas kain tenun NTT yang diolah Stephanus menghasilkan busana luar seperti blazer. Karena, blazer sangat mudah untuk dipadupadankan dengan jenis pakaian apa pun. Blazer pun dapat membuat si pemakai lebih berkarakter.

Secara keseluruhan, rancangan yang juga memadukan kain songket Bali dan tenun ikat ini simpel dan wearable. Jika tertarik pada koleksi Hamy, Anda bisa mendapatkannya di pameran di area North Skywalk lantai satu Pondok Indah Mall, Jakarta. Untuk koleksinya ini, Hamy mematok harga mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 7 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.