Kompas.com - 06/05/2013, 21:48 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Meski menyadari bahwa olahraga punya banyak manfaat, namun masih banyak orang yang malas melakukannya. Padahal dengan gaya hidup yang serba instan dan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang cukup tinggi, olahraga teratur bisa membantu Anda untuk menjaga hidup lebih sehat dan menyeimbangkannya.

Jika masih malas berolahraga, beberapa alasan ini bisa mendorong Anda untuk mulai rajin berlatih:

1. Membuat pikiran dan mental jadi jenih
Ketika pikiran sedang pusing, stres, dan pekerjaan menumpuk, Anda cenderung mengorbankan waktu olahraga Anda. Padahal latihan kardio yang intens justru akan membantu Anda untuk melepaskan hormon endorfin, senyawa kimia yang merangsang timbulnya suasana lebih bahagia.

Ketika berolahraga, Anda akan merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk beraktivitas kembali. Olahraga juga akan membantu mengurangi terbentuknya hormon kortisol (yang merangsang stres), menghindari depresi, dan meredakan kecemasan.

2. Sebagai bentuk meditasi
Olahraga bisa membuat Anda merasa lebih optimis dan tenang. Ketika Anda berkonsentrasi pada gerakan tubuh Anda, maka pikiran Anda akan teralih dari pikiran lainnya saat itu. Dan ini merupakan bagian dari bentuk meditasi, yaitu mencoba untuk fokus pada satu hal, dan melepaskan ketegangan untuk meningkatkan energi.

Untuk mengambil manfaat yang lebih jauh, Anda bisa mencoba yoga. Latihan ini akan mengurangi stres, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi, sirkulasi, dan membantu membentuk postur tubuh. Jenis yoga apa pun yang Anda lakukan akan menggabungkan teknik pernafasan dan meningkatkan sensasi meditasi dan melatih ketenangan.

3. Membantu tidur nyenyak
Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Menurut laporan penelitian dari Universitas Harvard, 1 dari 5 orang Amerika selalu tidur kurang dari enam jam semalam. Ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, bahkan obesitas. Selain itu, olahraga adalah cara yang paling efektif dan tepat untuk membantu mencegah ngorok saat tidur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.