Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 18:44 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal bumbu satu ini. Tauco  adalah bumbu yang terbuat dari kacang kedelai kuning yang telah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu, kemudian difermentasikan.

Adonan ini diolah dengan direndam dalam air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan.

Tauco sering dipakai untuk berbagai masakan, yang membuat makanan menjadi lezat dan yummy.

Di pasaran tauco ada dua macam: manis dan tauco super. Tauco manis dan tauco super dibuat hanya dari kedelai bermutu tinggi dan istimewa dengan sempurna. Tauco manis dapat digunakan untuk aneka masakan manis, serta untuk tumisan. Jika menggunakan tauco super sebaiknya tidak perlu menambahkan garam, karena tauco ini sudah terasa asin.

Yang harus diperhatikan waktu membeli tauco:
1.  Pilih yang warnanya masih kecoklatan dan baunya khas. Lihat tanggal kedaluwarsa. Jika warnanya berubah dan baunya menyimpang menandakan tauco tersebut sudah terkontaminasi jamur dan tidak layak dikonsumsi.
2.  Tauco dapat disimpan lama karena mengandung kadar garam yang tinggi. Supaya tahan lama sebaiknya tauco dimasukkan dalam wadah kedap udara. Simpan tauco yang sudah dipakai dalam lemari pendingin.
3.  Saat membuat masakan, masukkan tauco di awal, baru masukkan bahan yang lainya. Tumisan akan lebih harum dan lezat.

(Tabloid Nova/Aini)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com