Kompas.com - 08/05/2013, 18:44 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal bumbu satu ini. Tauco  adalah bumbu yang terbuat dari kacang kedelai kuning yang telah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu, kemudian difermentasikan.

Adonan ini diolah dengan direndam dalam air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan.

Tauco sering dipakai untuk berbagai masakan, yang membuat makanan menjadi lezat dan yummy.

Di pasaran tauco ada dua macam: manis dan tauco super. Tauco manis dan tauco super dibuat hanya dari kedelai bermutu tinggi dan istimewa dengan sempurna. Tauco manis dapat digunakan untuk aneka masakan manis, serta untuk tumisan. Jika menggunakan tauco super sebaiknya tidak perlu menambahkan garam, karena tauco ini sudah terasa asin.

Yang harus diperhatikan waktu membeli tauco:
1.  Pilih yang warnanya masih kecoklatan dan baunya khas. Lihat tanggal kedaluwarsa. Jika warnanya berubah dan baunya menyimpang menandakan tauco tersebut sudah terkontaminasi jamur dan tidak layak dikonsumsi.
2.  Tauco dapat disimpan lama karena mengandung kadar garam yang tinggi. Supaya tahan lama sebaiknya tauco dimasukkan dalam wadah kedap udara. Simpan tauco yang sudah dipakai dalam lemari pendingin.
3.  Saat membuat masakan, masukkan tauco di awal, baru masukkan bahan yang lainya. Tumisan akan lebih harum dan lezat.

(Tabloid Nova/Aini)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.