Kompas.com - 10/05/2013, 14:39 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Lauk yang serba digoreng tepung, misalnya ayam goreng tepung, udang goreng tepung, tempe tepung, dan lain-lainnya, pasti disukai anak-anak. Sensasi renyahnya tepung yang kriuk bisa menambah kenikmatan bersantap. Aneka lauk ini juga mudah dibuat sendiri di rumah. Anda tinggal memotong ayam dan membalutnya dengan tepung.

Hanya saja, setelah dibiarkan beberapa lama, tepungnya tidak lagi renyah. Kalau sudah begini, Anda harus kembali menggorengnya agar tetap renyah.

Ternyata, kerenyahan yang tidak bertahan lama ini disebabkan oleh enggunaan piring sebagai alas penyajiannya. Biasanya setelah menggoreng dan meniriskan gorengan dari minyak, Anda pasti meletakkannya di piring.  Meski sudah tak lagi digoreng, lauk gorengan ini masih akan mengalami proses pemasakan lagi karena suhu panas yang masih tersimpan di dalamnya.

Karena diletakkan di atas piring yang dasar permukaannya rapat, sisa panas ini terperangkap di bawah makanan. Hal ini akan menyebabkan uap panas berubah menjadi uap air di dasar piring. Dan seperti yang Anda ketahui, uap air akan membasahi gorengan sehingga tepungnya jadi melunak.

Agar gorengan tetap renyah, triknya adalah mengganti piring dengan rak pendingin (yang berbentuk jeruji, yang biasa digunakan untuk mendinginkan kue kering). Rak pendingin ini akan membebaskan udara untuk berbedar, sehingga uap air tidak akan terbentuk dan menjaga gorengan tetap renyah dalam waktu yang lama. Ketika sudah siap menyantapnya, barulah Anda bisa meletakkannya di piring.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.