Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2013, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Roti merupakan satu variasi kue yang tak terlalu sulit dibuat, dan bahannya pun mudah didapat. Herman Ahmad, Baker PT ASA Food (produsen bakery Pane del Giorno) mengungkapkan bahan utama pembuatan roti hanya ada empat jenis, yaitu tepung terigu, air, garam, dan yeast (ragi).

"Ini adalah bahan utamanya. Namun dalam perkembangannya, ada bahan tambahan lain yang digunakan untuk membuatnya jadi lebih empuk dan nikmat. Misalnya telur, butter, dan lain-lainya," ungkap Herman, saat demo masak di Sentul, Bogor, Kamis (16/5/2013) lalu.

Bahan tambahan lain yang juga digunakan untuk membuat roti agar semakin gurih, empuk, dan nikmat adalah susu. Pada dasarnya susu dengan berbagai formula apa pun, baik susu bubuk maupun cair, bisa digunakan. Namun perhatikan benar-benar takaran susu saat membuatnya. Selain itu, susu jenis apapun baik susu skim atau susu full cream juga bisa digunakan sesuai keinginan Anda.

Mungkin Anda menganggap bahwa susu full cream adalah susu yang paling tepat untuk membuat roti, karena lebih gurih. Rasa gurih pada susu berkrim ini disebabkan oleh kandungan lemak yang tinggi di dalamnya. Lalu apakah susu skim tidak enak untuk membuat roti?

"Ini yang sering salah kaprah. Memang benar lemak susu akan membuatnya jadi lebih nikmat. Tetapi penggunaan susu jenis apapun tidak akan berpengaruh karena kedua susu ini sama-sama mengandung lemak," tambahnya.

Susu skim mengandung lemak yang lebih rendah daripada susu full cream. Namun, ini tak berarti bahwa susu skim tidak membuat roti jadi lebih nikmat.

"Jangan lupa bahwa Anda juga menambahkan butter atau margarin ke dalam adonannya. Adonan yang terbentuk antara susu skim dan butter akan menjadi lemak yang membuatnya lebih nikmat. Jadi sama saja dengan menggunakan susu full cream," katanya.

Selain sama enaknya dengan susu full cream, penambahan susu skim dalam adonan ini juga bisa membuat roti jadi lebih sehat dan lebih aman untuk Anda yang sedang diet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com