Kompas.com - 20/05/2013, 08:13 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Sama seperti calon ibu kebanyakan, Dian Sastrowardoyo juga merasa dirinya mengalami masa-masa pusing, mual, dan muntah-muntah, terutama di semester pertama usia kehamilan. Aktris kelahiran 16 Maret 1982 ini merasa dirinya pusing hampir setiap hari pada trimester pertama kehamilan.

“Jadi, boro-boro tampak gorgeous, merasa sehat saja enggak. Mood tidak stabil, dan bawaannya kesal melulu, maka itu biasanya butuh asupan nutrisi,” ujar Dian, yang kini sedang hamil anak kedua.

Menurut Dian, kehamilan keduanya ini sudah dibicarakan sejak awal bersama sang suami, Indraguna Sutowo. Termasuk, kapan waktu memakai dan melepas KB. Untuk persiapannya, Dian mengonsumsi nutrisi yang mengandung asam folat tinggi. Ketika merasa kerap mual dan muntah, ia siasati lagi dengan nutrisi yang mengandung vitamin B6.

Selain persiapan mental, psikologis, serta asupan nutrisi, olah tubuh juga menjadi hal yang sangat utama buat Dian. Waktu hamil pertama, ia menjalani hampir semua olah tubuh, dari yoga, pilates, bellydance, hingga angkat beban yang ringan.

“Dulu selalu diingatkan, kalau mau (bersalin) normal tubuh harus fit, dan olahraga akan sangat membantu proses persalinan,” ujarnya.

Bicara soal olahraga, Dian bisa dengan lancar menyampaikan soal heart rate yang menjadi tolok ukur olahraga untuk ibu hamil. Katanya, karena hobi berlari, dia pernah mencoba olahraga tersebut, dan ternyata tidak cocok untuknya meskipun dengan kecepatan rendah. Pilihan lainnya yang lebih sehat adalah berjalan.

“Persiapan yang matang akan sangat membantu saat menjalani masa kehamilan,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.