Kompas.com - 08/06/2013, 18:29 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Aneka hidangan bakaran memang jadi alternatif selain makanan gorengan. Namun setelah memanggang makanan, biasanya ada sisa makanan yang lengket di besi pemanggang. Jika tak dibersihkan dengan sempurna, bisa-bisa kotorannya akan menumpuk dan merusak citarasa makanan lainnya. Selain itu, sisa makanan yang menjadi kerak itu lama-kelamaan juga akan membuat panggangan ini tak enak dilihat. Bagaimana cara membersihkannya?

1. Cuci bersih wadah pemanggang dan besi pemanggangnya dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat. Gosok dengan sabut kawat untuk menghilangkan kerak. Bilas kemudian keringkan.

2. Setelah dikeringkan, oles dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur kemudian lap dengan lap bersih. Minyak ini akan membantu untuk mencegah besi berkarat. Jika tak dipakai untuk sementara waktu, simpan dalam kardus atau tutup dengan plastik agar tak berdebu.

3. Ketika akan digunakan, sebaiknya bersihkan kembali panggangan ini. Karena terkadang masih ada lemak yang tertinggal di bagian besi pemanggang. Untuk membersihkannya, panaskan panggangan terlebih dulu. Setelah panas, sikat panggangan dengan menggunakan sikat kawat bergagang panjang. Jika tak punya sikat grill, Anda bisa menggunakan sabut kawat yang dijepit dengan kayu panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.