Kompas.com - 10/06/2013, 14:58 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com – Pernah merasa sakit saat menggunakan sepatu hak tinggi? Niatan memakai high heels untuk tampil lebih cantik pun menjadi mimpi buruk karena merasa tak nyaman lantaran harus menahan rasa sakit.

“Saya memakai sepatu dengan hak tiga inchi setiap hari, jadi saya tahu bagaimana tidak realistisnya untuk mengatakan kepada perempuan agar berhenti menggunakannya,” ujar Emma Supple, podiatrist (ahli penyaki kaki). “Melangkah menggunakan sepatu hak tinggi membuat kita merasa percaya diri dan bertubuh tinggi semampai. Tapi, ada cara mempermudah itu semua untuk mengurangi rasa sakit.”

Berikut beberapa langkah yang menurut Emma bisa membantu perempuan untuk mengurangi rasa sakit pada kakinya saat menggunakan sepatu hak tinggi:

* Jangan pernah membeli sepatu di toko online.
“Hal pertama yang perlu diperhatikan, yaitu sepatu harus memiliki kenyamanan di kaki secara sempurna,” ujar Emma. “Jika menggunakan sepatu terlalu ketat atau sempit, meskipun sedikit, jangan pernah membelinya. Anda tidak dapat merubah pola sepatu, justru sepatu yang dapat merusak kaki Anda. Inilah alasan mengapa Anda jangan pernah beli sepatu secara online, karena Anda tidak pernah dapat mencobanya dan ukuran kaki yang ditawarkan situs berlanja tersebut belum tentu sesuai dengan kaki Anda.”

Sepatu yang baik harus nyaman di kaki Anda, memiliki ruang untuk kaki Anda bernapas dan tidak menggencet kaki Anda. Sepatu yang terlalu kecil dan membuat lecet, dapat mengakibatkan cacat pada kaki Anda, kondisi ini disebut hammer toe.

Bahkan, sepatu yang terlalu besar juga dan membiarkan kaki Anda kebesaran di dalamnya hanya akan memberikan tekanan berlebih pada kondisi kaki Anda. Jadi, menurut Emma, sebelum membeli sepatu, Anda harus mencobanya terlebih dahulu dan temukan kenyamanan. Aturan ini juga berlaku untuk high heels.

* Apakah hak sepatu Anda berada pada posisi yang tepat?
Ada anggapan, wedges lebih baik untuk kaki Anda. Tapi kenyataannya, wedges tidak selamanya baik untuk kaki Anda dibandingkan dengan sepatu hak tinggi.

"Saya pernah melihat seorang perempuan mengalami kesakitan dua kali lipat setelah ia memakai wedges," kata Emma. "Hanya ada sedikit fleksibilitas di dalamnya dan Anda harus mengangkat kaki Anda untuk berjalan dan mengentakkan kaki kembali.”

Menurutnya, yang penting bukan gaya atau ketebalan tumit, tapi posisi hak yang tepat. Sebaiknya hak sepatu tepat berada di bawah tulang tumit, bukan di bagian belakang kaki, seperti halnya dengan beberapa sepatu.

* Kualitas sepatu ditentukan dari harganya.
Hindari membeli sepatu yang berharga murah, karena biasanya sepatu murah terbuat dari bahan yang dapat menyakiti kaki. Sepatu kulit dengan harga murah biasanya diproduksi menggunakan bahan kulit plastik yang dapat membuat kaki Anda cepat berkeringat dan membengkak. Berbeda dengan sepatu dari kulit asli, bahannya yang lembut dapat mengurangi kelecetan pada kaki.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.