Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Korea Selatan membuat berita utama di seluruh Asia dan dunia Barat mengenai obsesi masyarakatnya terhadap kecantikan. Dari seluruh penduduk dunia, Korea memiliki angka tertinggi sebagai pelaku operasi bedah plastik. Menurut data statistik operasi plastik, dari setiap 1.000 orang Korea, 16 di antaranya telah mengalami beberapa jenis operasi plastik. 

Di Seoul sendiri, klinik bedah kosmetik dan salon perawatan kecantikan ada di mana-mana. Seperti di distrik Gangnam di pusat kota Seoul, yang diakui sebagai pusat kecantikan Korea. Di kawasan tersebut klinik kosmetik mudah sekali ditemukan. 

Pada zaman modern saat ini, bedah plastik kosmetik di Korea juga tidak lagi terbatas untuk kaum perempuan saja. Sebuah survei tahun 2010 yang dilakukan oleh sebuah situs kerja Korea, menemukan bahwa 44 persen mahasiswa pria melakukan bedah estetika. Diduga, mereka ini terinspirasi dari para selebriti K-Pop, baik pria maupun wanita, yang disebut-sebut telah menjalani serangkaian bedah plastik.

Para selebriti K-Pop memang telah lama dikenal akrab dengan prosedur bedah plastik, karena transformasi perubahan bentuk wajah mereka dari waktu ke waktu sangat kentara. Banyak dari mereka yang sebelumnya menyangkal telah melakukan operasi plastik, namun sekarang mereka kesulitan untuk menampik tuduhan tersebut. Masalahnya, media telah mengungkapkan foto masa lalu mereka dan membandingkannya dengan foto mereka sekarang. 

Seiring berjalannya waktu dan popularitas K-Pop sekarang ini, makin banyak selebriti yang mengakui telah melakukan operasi plastik. Banyak alasan mengapa mereka "terpaksa" melakukan operasi itu. Sebut saja Shinhwa, boyband yang beranggotakan enam orang. Tiga di antara mereka mengaku telah menjalani operasi plastik karena mendapat tekanan dari industri hiburan yang mengharuskan mereka berwajah sempurna. 

Salah seorang anggota Super Junior pun ada yang melakukan operasi plastik. Pada tahun 2011, Shindong menjalani operasi kelopak mata ganda, dan menemukan kebahagiaan serta kepercayaan diri yang meningkat setelah melakukannya.

Fenomena ini pula yang membawa peningkatan pada permintaan operasi plastik di kalangan remaja Korea Selatan. Tak hanya masyarakat lokalnya saja, tetapi juga para wisatawan asing. Mereka bahkan berkunjung ke Korea sekaligus untuk melakukan operasi plastik.

Selama beberapa tahun ini, statistik dari Korea Health Industry Development Institute (KHIDI) menunjukkan bahwa setiap tahun ada lebih dari 7,5 juta wisatawan asing yang datang ke Korea. Lebih dari 80.000 pengunjung datang dengan tujuan melakukan prosedur operasi plastik, dan beberapa jenis operasi plastik kosmetik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com