Kompas.com - 19/06/2013, 20:46 WIB
EditorDini

KOMPAS.com – Merawat kulit merupakan hal penting untuk dilakukan sehari-hari, tapi prosesnya tidak semudah yang dikatakan. Bahkan, seringkali orang tidak menyadari jenis kulit mereka dan kesulitan melakukan perawatan yang tepat.  

Untuk mendapat perawatan kulit yang benar, langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya memahami jenis kulit Anda dan menemukan produk yang tepat. Nah, mencari produk yang sesuai jenis kulit pun tidak mudah. Bagaimana menemukan solusi yang tepat untuk kulit di antara pilihan produk kosmetik yang begitu banyak?

Adam, pakar kecantikan dari Skincare Nude, menyarankan, mulailah dengan mencuci wajah Anda. Bersihkan semua make-up yang menempel di wajah dan perhatikan kulit Anda. “Rasakan bagaimana kulit Anda, dan luangkan waktu untuk merasakan serta menilainya. Ini akan memberikan titik awal yang sempurna untuk menemukan produk kosmetik apa yang tepat untuk kulit Anda,” jelasnya.

Jika kulit Anda terasa kesat dan tidak nyaman, mungkin butuh waktu setelah proses pembersihan kulit  Anda. Krim pembersih harus membuat kulit Anda terasa lembut dan kencang. Krim pembersih seharusnya memiliki tekstur yang berbeda dan tergantung pada jenis kulit Anda. Scrub yang butirannya kasar tidak akan ideal untuk kulit sensitif, tetapi dapat membantu untuk mereka yang mempunyai kulit sangat berminyak.

Pembersih berbahan dasar minyak juga baik untuk semua jenis kulit. Bahan ini dapat membersihkan make-up dengan sempurna dan memberi Anda kulit halus sempurna. “Namun, pastikan yang Anda gunakan mengandung bebas mineral oil, karena itu bisa menyebabkan pori-pori tersumbat,” jelas Adam.

Langkah berikutnya adalah memahami apa yang ingin Anda perbaiki dari kulit Anda. Setelah tahu jawabannya, Anda dapat mencari produk yang sesuai untuk perawatan yang Anda butuhkan. Misalnya, perawatan kerutan di sekitar mata, kulit yang kering, lingkar hitam di bawah mata, dan lain sebagainya.

Kebanyakan pelembab bisa digunakan pada siang dan malam hari, kuncinya adalah mencari tekstur yang tepat. Untuk kulit berminyak gunakan pelembab ringan agar tidak menyumbat pori-pori. Untuk kulit kering gunakan produk yang memiliki dasar creamy. Jika kulit Anda normal, pilih pelembab yang berbasis air untuk menjaga keseimbangan alami kulit Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang paling penting, pahami jenis kulit Anda dan pastikan Anda merawatnya dengan baik. Dengan memberikan gizi pada kulit Anda, Anda akan lebih terlihat muda dan sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.