Kompas.com - 20/06/2013, 15:52 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, Anda pasti menggunakan sunscreen. Ternyata, tak cuma kulit yang harus dilindungi, tetapi juga mata. Karena, sangat berbahaya bila mata terpapar langsung cahaya matahari yang terik. Satu-satunya cara untuk melindungi mata dari matahari adalah dengan menggunakan sunglasses. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi radiasi sinar matahari terserap oleh mata saat sinar matahari begitu terik.

1. Pakai pada pagi dan sore hari
Mata merupakan bagian yang sangat sensitif. Maka pantulan sinar yang sedikit terang bisa merusak mata. Pukul 08.00-10.00 dan 14.00-16.00 adalah waktu yang dianggap paling berbahaya untuk mata. Sebisa mungkin hindari mengekspos mata di bawah sinar matahari. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan sunglasses.

2. Jangan sayang uang untuk membeli
Karena belum tahu fungsinya, banyak orang yang merasa sayang untuk membeli kacamata hitam. Padahal Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memilikinya. Sebenarnya, bukan harga yang paling penting, tapi kandungan di dalamnya. Pilih sunglasses yang benar-benar memiliki lapisan kaca atau plastik UV protection.

3. Pilih yang punya lapisan UVA dan UVB
Lapisan UV protection ini seharusnya dipilih yang benar-benar memiliki pelindung UVA dan UVB. Kacamata yang hanya memiliki salah satu pelindung UV akan menempatkan mata pada risiko yang lebih tinggi.

4. Pilih yang benar-benar nyaman
Setiap orang punya bentuk wajah yang berbeda-beda. Sebaiknya sesuaikan bentuk kacamata dengan wajah. Namun yang paling penting adalah, kacamata ini terasa nyaman saat dipakai.

5. Jangan lupa dipakai saat berlibur di pantai atau di danau
Air bisa memantulkan 100 persen sinar matahari, dan jika tak menggunakan sunglasses, berarti mata Anda berada dalam bahaya. Selain air, pasir dan beton juga bisa memantulkan sinar matahari hingga 25 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.