Kompas.com - 24/06/2013, 16:42 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Salah satu rutinitas di kantor yang bisa menimbulkan ketegangan bahkan memicu stres adalah mengecek dan menghapus email, juga mengirim email penting ke rekan bisnis.

Studi menemukan fakta bahwa mengecek dan mengirim email di tempat kerja bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan level hormon kortisol pemicu stres.

"Pekerjaan yang terkait dengan email bisa bikin stres. Agar tak jadi stres dan kewalahan dengan email, perlu cara untuk menyegarkan diri sendiri,"tutur Dr Lillian Cheung, pakar meditasi kesadaran diri yang juga adalah direktur editorial The Nutrition Source di Harvard.

Menurutnya, melakukan meditasi singkat sebelum mengirim email bisa mengatasi stres di kantor. Cara ini bisa mengembalikan kesadaran diri sehingga kesibukan bekerja tak membuat seseorang mengalami ketegangan berlebihan.

Caranya, sesaat sebelum mengirim email, lakukan latihan pernafasan. Setelah mengetik pesan email Anda, berhenti sejenak, lalu ambil nafas dalam-dalam sebanyak tiga kali, fokuskan perhatian pada pernafasan (tarik dan buang nafas perlahan). Lalu katakan kepada diri sendiri saat menarik nafas, "Saya berterima kasih dengan adanya internet". Lalu saat membuang nafas katakan, "Saya mengirim email ini dengan penuh kesadaran". Setelah itu, masukkan penerima email atau alamat email yang ingin dilampirkan, dan klik kirim email.

"Cara ini tak hanya membuat Anda lebih tenang, tapi juga mencegah Anda membuat kesalahan saat mengirim email," ungkap Cheung.

Tak butuh waktu lama untuk berhenti sejenak dari rutinitas mengirim email di kantor. Anda pun bisa lebih rileks dan pekerjaan terselesaikan dengan baik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.