Kompas.com - 25/06/2013, 15:42 WIB
Sakit kepala tidak pernah diduga datangnya. Anda dapat mengatasinya dengan alternatif cara lain tanpa menenggak obat penghilang nyeri. SHUTTERSTOCKSakit kepala tidak pernah diduga datangnya. Anda dapat mengatasinya dengan alternatif cara lain tanpa menenggak obat penghilang nyeri.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.comSakit kepala selalu membuat diri kita merasa tersiksa. Akibat sakit kepala, bisa-bisa semua pekerjaan dan aktivitas menjadi terganggu. Mau tak mau, badan memaksa kita untuk berbaring dan menutup mata sejenak, meskipun itu sering tidak menghilangkan nyerinya secara tuntas.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi sakit kepala tanpa harus menelan obat sakit kepala. Nah, berikut tipsnya:

Minum air putih. Sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

Perawatan panas dan dingin. Jika Anda menghindari obat sakit kepala, gunakan kompresan panas atau dingin, yang secara alami dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit kepala. Taruh kompresan panas atau dingin di atas kepala (tempat di mana sakit kepala terasa) dan diamkan selama 15 menit. Anda juga dapat mengganti kompresan panas menjadi dingin setiap lima menit sekali selama 20 menit.

Peppermint tea. Peppermint diketahui dapat menjadi obat tradisional yang bisa menyehatkan tubuh. Ketika Anda mengonsumsi peppermint, pencernaan akan ditenangkan, karena pencernaan yang terganggu juga dapat menyebabkan sakit kepala. Teh peppermint hangat dapat membantu mengurangi flu pada hidung yang bisa menjadi penyebab sakit kepala Anda.

Akupunktur. Jika Anda sering mengalami sakit kepala, dan Anda enggan minum penghilang rasa sakit terlalu sering, cobalah beralih pada pengobatan akupunktur. Ini merupakan pengobatan alami yang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit kepala yang menyiksa. Mungkin pengobatan ini harus dilakukan dalam beberapa kali perawatan untuk menghasilkan penyembuhan yang sempurna, tapi ini juga terbukti efektif mengurangi tensi dari sakit kepala.

Minum kopi. Kafein yang ada di dalam kopi akan mengurangi nyeri pada sakit kepala. Bahkan bagi mereka yang terbiasa meminum kopi, jika tidak meminumnya dalam sehari saja akan mendapati dirinya sakit kepala.

Obat penghilang rasa sakit. Beberapa orang mungkin merasa lebih baik menelan obat sakit kepala untuk mengurangi rasa sakit yang mereka derita. Ya, mungkin memang itu bisa menjadi salah satu jalan efektif, tapi setidaknya kurangi pemakaian obat penghilang rasa sakit tersebut. Minumlah obat jika Anda memang benar-benar terdesak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.