Kompas.com - 25/06/2013, 15:55 WIB
Begini cara alami atasi uban SHUTTERSTOCKBegini cara alami atasi uban
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Rambut beruban ternyata tak cuma dialami orang yang sudah berumur. Anda bisa saja mengatasinya dengan mewarnainya. Hanya saja, ketika Anda mengecat rambut dan tidak merawatnya lagi, rambut justru bisa jadi rusak. Lalu bagaimana mengatasi rambut putih ini dengan cara yang aman?

1. Teh hitam
Rambut putih pada orang yang masih muda disebut sebagai uban prematur. Jika mengalami hal ini, gunakan saja air teh hitam. Rebus air dalam panci, kemudian masukkan dua sendok teh daun teh hitam. Dinginkan teh ini dan gunakan air tehnya untuk mencuci rambut. Pastikan untuk tidak menambahkan sampo setelah mencuci rambut dengan teh hitam. Cukup bilas rambut dengan menggunakan air sampai bersih.

2. Daun kari
Daun kari biasanya digunakan sebagai bumbu masakan Sumatera. Daun ini punya aroma yang khas dan kuat. Ternyata selain menjadi penyedap masakan, daun kari juga bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengatasi rambut putih. Daun kari ini juga akan menguatkan akar rambut, memastikan akar rambut yang baru ini lebih sehat dan punya pigmen yang normal (hitam).

Untuk mengatasi uban, daun kari bisa dimakan langsung seperti lalapan, atau dicampur dengan aneka masakan lainnya. Cara lainnya adalah dengan menggosokkan daun kari yang sudah direndam air panas ke rambut. Aplikasi daun kari ke rambut merupakan salah satu rahasia suku Indian untuk menjaga keindahan rambut mereka.

3. Minyak rambut
Minyak rambut alami yang dibuat dari campuran minyak kelapa dan daun kari juga diyakini bisa membantu mencegah uban prematur. Campur saja kedua bahan ini sambil sedikit meremas daun karinya agar ekstraknya keluar. Aplikasikan minyak rambut ini secara teratur agar rambut jadi lebih sehat, dan warna hitamnya jadi lebih tahan lama.

4. Jus bayam
Cara terbaik untuk membuat rambut tetap berwarna hitam dan mencegah penuaan dini di rambut adalah dengan menggunakan jus bayam. Aplikasikan jus bayam ke rambut dan kulit kepala, kemudian bilas sampai bersih. Jus ini juga akan menjaga rambut agar tetap lembut dan mengilap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Boldsky
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.