Kompas.com - 26/06/2013, 12:36 WIB
Menyanyikan lagu nina bobo akan membantu mengurangi rasa sakit bayi prematur shutterstockMenyanyikan lagu nina bobo akan membantu mengurangi rasa sakit bayi prematur
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Selama ini lagu Nina Bobo hanya digunakan untuk menenangkan dan menidurkan bayi. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan New York Presbyterian Phylis dan David Komansky Centre for Children's Health mengungkapkan bahwa lagu pengantar tidur ini dapat membantu bayi prematur untuk bisa makan dan tidur lebih baik.

Musik ternyata juga bisa memperlambat detak jantung mereka sehingga membuat mereka tenang. Menurut para peneliti, detak jantung yang lebih lambat akan membantu bayi memiliki waktu tidur dan makan yang lebih berkualitas. Pada akhirnya ini akan membantu meningkatkan berat badan dengan cepat.

Para peneliti juga menemukan bahwa lagu Nina Bobo yang dinyanyikan orangtua dapat memengaruhi fungsi jantung dan pernafasan bayi. Sementara melodi musik memiliki efek positif pada kebiasaan minum susunya.

Dalam penelitian sebelumnya dari Florida State University, juga ditemukan bahwa bayi prematur yang menerima terapi musik bisa meninggalkan rumah sakit lebih awal daripada mereka yang tidak karena kondisinya lebih cepat membaik.

Bagaimana cara kerjanya? Penelitian dari Beth Israel Medical Centre di New York mengungkapkan bahwa lagu Nina Bobo melambangkan ikatan kuat antara anak dan orangtuanya. Lagu yang menenangkan ini diyakini bisa mengembalikan memori dan suara-suara yang mereka dengar saat masih berada di dalam rahim.  Karena adanya suara yang dikenal ini, mereka merasa terlindungi dan nyaman. Perasaan aman dan tenang inilah yang akhirnya memperlambat denyut jantung si bayi dan memperbaiki kualitas ketahanan tubuhnya dengan cepat.

Penelitian tahun 2009 lalu di University of Alberta, Kanada, juga mengungkapkan bahwa memainkan musik untuk bayi prematur juga membantu mengurangi tingkat rasa sakit bayi saat sedang menjalani pemeriksaan. Selain itu, musik-musik yang dimainkan di unit perawatan neonatal (setelah melahirkan) juga bisa menurunkan tingkat stres ibu yang baru melahirkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.