Kompas.com - 03/07/2013, 07:53 WIB
Selain rutin memeriksakan kehamilan perkaya juga wawasan. shutterstockSelain rutin memeriksakan kehamilan perkaya juga wawasan.
EditorWawa
KOMPAS.com - Untuk mendapatkan kehamilan yang berkualitas juga menjaga tubuh ibu tetap sehat, lakukan aktivitas penting sepanjang kehamilan berikut ini.

* Kontrol rutin.
Kontrol rutin kehamilan sangat penting dilakukan. Hal ini untuk melihat kondisi kesehatan ibu, kondisi kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin, asupan nutrisi, masalah kesehatan, dan sebagainya.

Jika ada pertanyaan dan keluhan, ibu bisa berkonsultasi ke dokter saat kontrol rutin sehingga bisa ditangani segera. Kontrol rutin umumnya dilakukan sebulan sekali, dan dipersering menjelang persalinan. Kecuali pada kasus tertentu. kehamilan bermasalah misalnya, kontrol dilakukan bisa lebih sering sesuai anjuran dokter.

* Perkaya wawasan.
Ibu yang ingin hamil atau sedang hamil sebaiknya perkaya wawasan tentang kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin, asupan nutrisi yang diperlukan, masalah kesehatan dan sebagainya. Semakin banyak wawasan yang dimiliki, ibu akan lebih siap menjalani kehamilan. Ibu lebih tahu mana yang boleh dan tidak dilakukan, lebih memahami nutrisi yang dibutuhkan, lebih memahami kondisi kehamilan, dan sebagainya.

Memperkaya wawasan bisa dengan membaca buku, majalah, browsing, bertanya kepada orang yang sudah punya pengalaman lebih dulu, sharing dan pastinya berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

* Vaksinasi.
Sebelum hamil, calon ibu perlu melindungi dirinya dari penyakit yang dapat mengganggu kehamilan dengan melakukan vaksinasi. Misalnya, vaksin hepatitis B, flu, tetanus, dan sebagainya.

Berkonsultasilah ke dokter jenis vaksin apa saja yang dibutuhkan. Sebab ini terkait dengan kondisi kesehatan ibu pada saat itu dan saat berikutnya kala hamil. Dengan pemberian vaksin ini diharapkan kondisi kehamilan ibu bisa lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Tabloid Nakita)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.