Kompas.com - 03/07/2013, 16:00 WIB
KidZania di Pacific Place, Jakarta, meluncurkan establishment baru: Caladine Medicated Powder Factory, atau pabrik pembuatan bedak tabur Caladine. KOMPAS.COM/RAI RAHMAN INDRAKidZania di Pacific Place, Jakarta, meluncurkan establishment baru: Caladine Medicated Powder Factory, atau pabrik pembuatan bedak tabur Caladine.
Penulis Rahman Indra
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com - Berada di lantai dua KidZania di Pacific Place Jakarta, papan nama Caladine Medicated Powder Factory atau pabrik pembuatan bedak tabur Caladine langsung terpampang di pintu masuknya. Dari luar, pabrik ini dibatasi kaca bening dan kelihatan seperti sebuah laboratorium.

Enam anak yang merupakan ambassador Kidzania atau Kidzania Congrezz 2013-2014 menjadi anak-anak pertama yang merasakan bagaimana meracik bedak. Sebelum memasuki area kerja, masing-masing mesti mengenalkan baju khusus, lengkap dengan topi, sarung tangan, masker, dan pembungkus sepatu. Mereka mendapat gambaran besar terlebih dulu dari pemandu dan lewat paparan video.

Di dalam ruang laboratorium sudah tersedia beberapa alat dari mulai meja kerja, mesin pencampuran, mesin ayak, mesin pengisian, dan mesin pengerut (kemasan).

Dengan didampingi dua pemandu, keenam anak tersebut memulai langkah kerja di meja kerja. Simulasi mini diajarkan untuk mengetahui bagaimana sebuah botol bedak berasal dari pencampuran beberapa bahan, di antaranya talc, calamine, dan fragrance.

Usai simulasi mini ini, mereka lalu beranjak ke mesin sebenarnya untuk menakar ketiga bahan utama dengan perbandingan 8:1:1, lalu memasukkannya ke dalam mesin pencampuran. Setelah itu campuran bedak tadi dimasukkan ke mesin ayak supaya didapatkan bedak tabur yang lebih halus.

Langkah selanjutnya, bedak tadi dimasukkan ke dalam kemasan (botol) warna putih polos. Terakhir mereka memasangkan label kemasan dan memasukkannya ke mesin pengerut sebagai final. Jadilah bedak tabur kemasan yang selama ini mereka kenakan.

Kehadiran pabrik mini Caladine ini makin melengkapi alternatif pilihan profesi dan arena bermain anak di KidZania. Dalam peluncurannya, turut hadir Tourino S Dilaga, Deputy City Mayor Kidzania Jakarta, dan Juzardi Joesoef, Presiden Direktur PT Galenium Pharmasia Laboratories.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pabrik mini ini memberikan nilai edukasi dan sekaligus sebagai salah satu bentuk nyata pelayanan kesehatan dengan cara menarik dan mendidik," ujar Juzardi, dalam peluncuran establishment (paviliun) Caladine di KidZania, Rabu (3/7/2013).

Seiring dengan peluncurannya, juga digelar lomba menghias botol kemasan bedak Caladine bertajuk "Seru semangatnya, sehat wangi kulitnya". Yang hiasannya paling bagus dan menarik mendapat hadiah dari Caladine.

Kehadiran pabrik pembuatan bedak Caladine ini melengkapi berbagai pabrik mini lainnya yang hadir di KidZania Jakarta yang berkonsep seperti kota.  Rancangannya menyerupai replika kota yang sesungguhnya, namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota, rumah sakit, department store, dan setiap anak yang datang bisa memilih profesi yang ingin mereka coba; mulai dokter, pilot, polisi, pemadam kebarakan, model, atau aktor.

Ada 100 lebih jenis profesi yang bisa mereka pilih. KidZania sendiri saat ini telah beroperasi di 10 negara selain Indonesia, yaitu di Meksiko, Jepang, Portugis, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Malaysia, Chile, Thailand, dan Kuwait.

Pabrik mini pembuatan bedak Caladine ditujukan untuk anak-anak berusia 4 - 16 tahun. Kapasitas ruangnya memuat enam anak, yang akan masuk bergantian. Satu sesi berdurasi selama 20 menit dan setiap anak yang usai menjalankan profesinya di laboratorium akan memperoleh gaji sebesar 5 KidZos (mata uang KidZania).

Dalam pabrik mini ini anak-anak mendapat pelajaran dan praktik langsung membuat bedak. Dari pengenalan bahan pembuatan, cara penakaran, pencampuran, pengayakan, hingga pengemasan ke dalam botol. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.