Kompas.com - 04/07/2013, 12:50 WIB
EditorWawa

KOMPAS.com - Akibat makanan, reaksi alergi bisa muncul pada bayi, antara lain: biduran, radang di mulut, bibir bengkak, radang mata (merah dan berair), bersin-bersin, batuk, diare, mual, dan muntah.

Apa yang sebaiknya dilakukan? Alih-alih menghindari berbagai makanan yang menimbulkan alergi, justru bayi perlu diperkenalkan dengan makanan pemicu alergi secara bertahap.

* Untuk bayi 0-6 bulan, berikan ASI saja.
* Usia enam bulan, berikan makanan secara bertahap. Pilih makanan yang jarang menimbulkan alergi seperti beras, wortel, apel, dan avokad.
* Di atas enam bulan, coba beri makanan yang bisa ditoleransi meski kemungkinan dapat menimbulkan alergi, seperti gandum, kentang, bayam, brokoli, ayam, daging.
* Usia sembilan bulan, beri makanan yang mungkin dapat menimbulkan alergi seperti kuning telur, ikan air tawar, kacang hijau.
* Setelah 12 bulan, beri makanan yang sangat mungkin menyebabkan alergi seperti makanan laut.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.